Tiga Unit Patkamla Perkuat Armada TNI AL

20 Mei 2017

Satu dari tiga unit kapal patroli keamanan laut (patkamla) TNI AL diuji coba di perairan Ujung, Surabaya, usai diserahterimakan di Koarmatim Surabaya (photo : Antara)

Surabaya (Antara Jatim) – Tiga unit kapal patroli keamanan laut (Patkamla) siap memperkuat armada Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) setelah diserahterimakan PT Rizquna Energy Persada kepada Asisten Logistik Kepala Staf  TNI AL (Kasal) Laksamana Muda TNI Mulyadi.
     
“Tiga unit Patkamla ini tipe 12 M, merupakan hasil pengadaan program Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan Tahun 2016,” katanya, di sela serah terima yang berlangsung di Gedung Satuan Pemeliharaan Material, Komando Armada Republik Indonesia Wilayah Timur (Koarmatim), Surabaya, Kamis.
     
Dia mengatakan ketiga Unit Patkamla itu akan memperkuat jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) baik di Wilayah Barat maupun Wilayah Timur. 
     
Tiga unit Patkamla tersebut masing-masing adalah Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Ismoyo, yang menurut Mulyadi selanjutnya diserahkan ke Komandan Lanal Malang.
     
“Selain itu KAL Minca kami serahkan kepada Komandan Lanal Simeulue dan KAL Pulau Sugi diserahkan kepada Komandan Lanal Tanjung Balai Karimun,” katanya.
     
Dengan bertambahnya unsur patroli TNI AL itu, dia berharap, secara langsung akan menambah kemampuan patroli pangkalan TNI AL dalam menjaga keamanan wilayah perairan Indonesia, khususnya sebagai sarana patroli terbatas di lingkungan Lanal.
     
“Tiga unit Patkamla ini dibangun sesuai dengan kriteria pembangunan kapal secara prosedural, serta diawasi oleh tim pengawas dan biro klasifikasi,” ujarnya.
     
Dengan begitu dia memastikan tiga unit kapal Patkamla yang telah selesai dibangun memiliki tingkat kesiapan (readiness) dan kecakapan (sustainability) yang tinggi. 
     
“Tiga unit Patkamla 12 M dapat di operasikan secara maksimal untuk mewujudkan TNI AL yang handal, disegani serta berkelas dunia,” ucapnya. 
     
Lebih lanjut kepada satuan TNI AL penerima, Mulyadi mengimbau agar terus memonitor kondisi teknis ketiga Patkamla tersebut terkait dengan jaminan pemeliharaan yang diberikan oleh PT Rizquna Energy Persada.

(Antara)

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Sistem Rudal Bavar-373 Iran Memiliki Peluncur Persegi – Militer.or.id

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  TNI Dijanjikan Tambahan Anggaran 100% Jika Target Pajak Tercapai