Mengintip Latihan Perang Militer Jepang

Militer.or.id – Mengintip Latihan Perang Militer Jepang.

Meski berideologi pasifis sejak Perang Dunia II, Jepang kini menghidupkan militernya menyusul ancaman dari Korea Utara dan konflik dengan Cina. Bagaimana kesiapan militer negeri yang alergi terhadap perang tersebut?

Tank Militer Jepang dalam Latihan Perang (Reuters)

Di Bawah Perlindungan AS

Sejak berakhirnya Perang Dunia II Jepang merumahkan semua serdadu dan membentuk pasukan bela negara seadanya. Selama ini tugas melindungi Jepang dari serbuan asing jatuh ke tangan Amerika Serikat yang menempatkan 54.000 pasukan. Namun sentimen anti AS menguat di sejumlah kota yang menjadi lokasi barak militer lantaran maraknya insiden miring yang melibatkan serdadu Amerika.

HARUS BACA :  KRI Teluk Banten – 516 Sempat Tembakkan Meriam

Japan Eniwa Northern Viper 17 Übung USA Japan (Reuters-T. Hanai)

Berbenah Angkatan Perang

Namun kini ketika ancaman Korea Utara meningkat, konflik di Laut Cina Timur kian memanas dan keberadaan militer AS semakin tidak populer di mata penduduk, Tokyo mulai serius membenahi angkatan bersenjatanya. Selain mengembangkan dan membeli sistem alutsista teranyar, militer Jepang juga giat berlatih di bawah bimbingan Amerika Serikat.

Japan Eniwa Northern Viper 17 Übung USA Japan (Reuters-T. Hanai) 1

Berpuluh Ribu Serdadu

Akhir pekan silam kedua negara kembali menggelar latihan militer besar-besaran di darat, laut dan udara. Untuk itu angkatan darat Jepang belum menurunkan tank generasi teranyarnya, Tipe 10, dan masih menggunakan tank lawas, Tipe 90. Latihan perang ini melibatkan lebih dari 30.000 pasukan Jepang dan 10.000 serdadu AS.

HARUS BACA :  Kapal Perang Inggris Kawal Kapal Perang Rusia

Japan Eniwa Northern Viper 17 Übung USA Japan (Reuters-T. Hanai) 2

Abe Dorong Ekspansi Militer

Saat ini militer Jepang memiliki lebih dari 240.000 serdadu, 150.000 di antaranya bertugas untuk angkatan darat, dan mengantongi anggaran pertahanan senilai 41 miliar Dollar AS atau sekitar 530 trilyun Rupiah per tahun. Jika rencana pemerintahan Shinzo Abe terlaksana, anggaran pertahanan bakal meningkat dalam beberapa tahun ke depan.

Japan Eniwa Northern Viper 17 Übung USA Japan (Reuters-T. Hanai) 3

Bayang-bayang Konstitusi

Pemerintahan Abe kini giat mengandaskan sejumlah rintangan konstitusional untuk memperkuat militer Jepang. Selain menghapus batas 1% dari PDB untuk anggaran pertahanan, ia juga sukses meloloskan amandemen konstitusi yang kini memperbolehkan militer Jepang mempertahannkan kedaulatan negara di luar negeri.

HARUS BACA :  Ground Training Yonif Para Raider 502 Kostrad

Japan Eniwa Northern Viper 17 Übung USA Japan (Reuters-T. Hanai) 4

Kecil dan Terbatas

Namun Jepang belum akan menjadi kekuatan militer besar dalam waktu dekat. Menurut Buku Putih Pertahanan 2017 yang dikeluarkan Tokyo, pemerintah Jepang tahun ini masih akan membeli sistem persenjataan dalam jumlah kecil dan terbatas. Kebijakan yang dipraktikkan sejak lama tersebut belakangan dikritik militer AS karena dinilai akan membahayakan pertahanan dalam situasi perang.

All photos Japan Eniwa Northern Viper 17 Übung USA Japan by (Reuters/T. Hanai).

Sumber : DW

Roy Prasetyahttps://militer.or.id
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here