Kapal Selam Kilo class, Apakah Itu?

Militer.or.id – Kapal Selam Kilo class, Apakah Itu?.

Kapal selam Kilo Iran (photo : Telegraph)

Angkatan Laut Indonesia sudah lama menunjukkan ketertarikannya pada kapal selam Kilo buatan Rusia. Meski akhirnya batal memilikinya karena persyaratan transfer teknologi yang tidak bisa dipenuhi oleh Rusia.

Memiliki kelebihan pada kesenyapan, ketangguhan material dan persenjatannya, kapal selam Kilo masih menjadi andalan Angkatan Laut Rusia dan beberapa negara penggunanya, lalu apa saja yang patut kita ketahui tentang kapal selam Kilo ini?

Kapal selam Kilo (Hanya ilustrasi)

– Kilo class adalah penunjukan NATO untuk kapal selam diesel elektrik buatan Rusia. Versi asli kapal selam tersebut diberi nama Project 877 Paltus (Halibut) di Rusia.

HARUS BACA :  Bagi AS, F-16 Tetap di Garis Depan

– Kapal selam Kilo class terutama dirancang untuk operasi anti kapal permukaan dan anti kapal selam di perairan yang relatif dangkal. Kapal selam Project 877 dilengkapi dengan sistem sonik Rubikon MGK-400, yang mencakup deteksi ranjau dan penghindaran sonar MG-519 Arfa.

– Kapal selam Kilo Class pertama memasuki layanan di Angkatan Laut Soviet pada tahun 1980, dan kapal tersebut terus beroperasi di Russain Navy hingga saat ini. Sebanyak 14 kapal selam tersebut diyakini masih memperkuat armada Angkatan Laut Rusia, dengan 17 masih di dinas aktif dan tujuh unit sebagai cadangan.

– Sampai hari ini, 33 kapal selam tersebut telah diekspor ke India, Aljazair, China, Polandia, Iran dan Vietnam. Juga, Venezuela dan Indonesia telah menunjukkan ketertarikannya untuk membeli kapal selam Kilo class.

HARUS BACA :  Filipina Terima 2 Pesawat NC 212i dari PT DI

– Kapal selam Kilo class panjangnya 70-74 meter, bisa melaju dengan kecepatan maksimal 10-12 knot saat dipermukaan dan 17-25 knot saat berada di bawah air.

– Kapal selam ini bisa menempuh perjalanan sejauh 700 km dengan kecepatan 6 km / jam saat terendam. Bisa snorkeling sampai sejauh 11.000 km dengan kecepatan 13 km / jam. Kapal selam bisa beroperasi di laut selama 45 hari berturut-turut, setelah itu harus kembali ke pangkalan untuk mengisi ulang perbekalan dan rotasi kru.

HARUS BACA :  51 Calon Penerbang Jalani Tradisi Penyematan Brevet

Kapal selam Kilo Project 636 Rusia saat luncurkan rudal Kalibr (photo : Yahoo news)

– Kapal selam dapat membawa hingga delapan rudal permukaan ke udara (SAM) dan 18 torpedo atau 14 ranjau bawah air, dan dioperasikan oleh 52 personil di dalamnya.

– Harga satu unit Kilo-Class berkisar antara US$ 200- US$250 juta tergantung varian.

-Kilo class terdiri dari banyak varian, dan yang tercanggih adalah Kilo Project 636,3 milik Russian Navy yang sudah masuk Type Varshavyanka class.

– Kilo class dengan persenjataan terbaiknya diperkirakan dapat menenggelamkan satu kapal induk musuh, meski berarti kapal selam Kilo juga akan menjadi korban.

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here