Polisi Amankan Serpihan Pesawat di Perairan Garut

Militer.or.id – Polisi Amankan Serpihan Pesawat di Perairan Garut.

ilustrasi : UAV Banshee buatan Inggris yang biasa dijadikan latihan pertahanan udara (idrw.org)

Garut – Polisi mengamankan serpihan pesawat tanpa awak yang ditemukan warga di perairan laut Pantai Rancabuaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu, 20/8/2017.

Kepala Satuan Polisi Air dan Udara Polres Garut, AKP Tri Andri mengatakan, warga menemukan benda mencurigakan di perairan pantai sekitar pukul 06.00 WIB, selanjutnya melaporkan ke polisi dan TNI setempat.

HARUS BACA :  AS Ingatkan Pilot Waspada Serangan Laser di Djibouti

“Pesawat tanpa awak yang ditemukan warga pada Minggu 20-8-2017 pagi berwarna kombinasi oranye dan kuning dalam kondisi tidak utuh, bagian depannya sudah rusak,” ujar AKP Tri Andri.

AKP Tri Andri menuturkan, bangkai pesawat tanpa awak itu mengambang di perairan laut Rancabuaya, kemudian warga membawanya ke daratan untuk diperiksa. Pesawat tersebut telah tidak utuh, bagian depannya telah rusak, sedangkan bagian belakang dan dalamnya masih menyerupai pesawat.

“Bagian depannya telah rusak, yang terlihat itu bagian belakang dan dalam pesawat,” ujar AKP Tri Andri. AKP Tri Andri menyampaikan, pesawat itu sementara diamankan di Markas Polsek Caringin untuk pemeriksaan lebih lanjut.

HARUS BACA :  Batch Tambahan Su-30SM untuk Kazakhstan - Gambar
HARUS BACA :  Tahun 2020, Litbang "Rudal Petir" Masuk Tahap Akhir

Terkait dugaan sebagai pesawat pengintai atau drone, kata AKP Tri Andri, belum dapat dipastikan sebab masih dalam penyelidikan lebih lanjut. “Kita tidak bisa pastikan apakah itu drone, atau pesawat intai lainnya,” ujar AKP Tri Andri.

AKP Tri Andri menambahkan, serpihan pesawat akan diperiksa oleh tim dari Kementerian Pertahanan untuk mengetahui jenis dan fungsi dari pesawat itu. Sebelumnya, lanjut dia, ada kegiatan latihan penembakan dan peluncuran roket di pantai selatan Garut, yang salah satu target pesawatnya hilang.

HARUS BACA :  NAM Air Buka Penerbangan Jakarta-Bima-Tambolaka, Setiap Hari

“Tapi untuk tim yang melakukan pengujian dan peluncuran roket itu sudah kembali ke Jakarta, dan saya juga tidak bisa memastikan apakah pesawat itu yang diuji atau bukan, sebab yang diterbangkan sewaktu latihan saya tidak melihatnya,” ujar Kepala Satuan Polisi Air dan Udara Polres Garut, AKP Tri Andri. Dirilis Antara 20-8-2017.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here