Destroyer Amerika Serikat Tabrakan, 10 Pelaut Hilang, 5 Terluka

Destroyer Amerika Serikat Tabrakan, 10 Pelaut Hilang, 5 Terluka

Militer.or.id – Destroyer Amerika Serikat Tabrakan, 10 Pelaut Hilang, 5 Terluka.

Destroyer Amerika Serikat USS John S. McCain, saat berpatroli di Laut China Selatan, 22/1/2017 (US DoD / Navy Petty Officer 3rd Class James Vazquez)

Seoul – Sepuluh anggota Angkatan Laut AS hilang dan lima lainnya cedera setelah destroyer USS John S. McCain bertabrakan dengan sebuah kapal tanker minyak di dekat Singapura pada Senin pagi, 21/8/2017.

Ini adalah kedua kalinya dalam dua bulan bahwa kapal perusak Angkatan Laut AS yang berbasis di pelabuhan Armade ke-7 Yokosuka, Jepang, telah terlibat dalam sebuah tabrakan. Tujuh pelaut tewas saat USS Fitzgerald bertabrakan dengan sebuah kapal kontainer di selatan Jepang pada bulan Juni lalu.

Kapal perusak rudal dan kapal dagang berbendera Liberia Alnic MC bertabrakan di dekat Selat Malaka pada pukul 5:24 waktu setempat, Armada ke-7 Angkatan Laut mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Laporan awal menunjukkan bahwa destroyer tersebut mengalami kerusakan pada sisi di bagian belakang, namun saat ini berlayar di bawah kekuatannya sendiri dan menuju ke pelabuhan di Singapura.

“Tingkat kerusakan dan cedera personil sedang ditentukan,” kata Armada ke-7.

Upaya pencarian dan penyelamatan sedang dilakukan. Helikopter Seahawk Angkatan Laut AS. dan Ospreys telah dimobilisasi, bergabung dengan kapal tunda dari Singapura, kapal Angkatan Laut Singapura dan helikopter, dan sebuah kapal penjaga pantai polisi Singapura.

“Prioritas pertama kami adalah menentukan keamanan kapal dan awak kapal,” kata Adm John Richardson, kepala operasi angkatan laut, melalui Twitter. “Semakin banyak informasi yang dipelajari, kami akan membagikannya.”

Armada ke-7 mendirikan pusat bantuan darurat di Yokosuka untuk anggota keluarga kru Destroyer McCain.

Presiden Trump, yang kembali ke Gedung Putih pada hari Minggu malam, menanggapi pertanyaan wartawan tentang tabrakan tersebut dengan mengatakan: “Itu terlalu buruk.”

McCain, merupakan kapal perusak kelas Arleigh Burke dengan panjang 505 kaki yang berbasis di pelabuhan Armada ke-7 di Yokosuka, Jepang, dalam perjalanan ke kunjungan rutin di Singapura. Data pengiriman menunjukkan bahwa Alnic, sebuah kapal tanker minyak sepanjang 600 kaki dengan bobot mati 50.760 ton, juga sedang dalam perjalanan ke Singapura.

Tabrakan ini terjadi hanya beberapa hari setelah Angkatan Laut mengeluarkan laporan yang melaporkan kesalahan yang menyebabkan tabrakan antara USS Fitzgerald – juga perusak kelas Arleigh Burke yang berbasis di Yokosuka – dengan sebuah kapal kontainer yang jauh lebih besar tepat di sebelah selatan Jepang pada bulan Juni.

Tabrakan tersebut menewaskan tujuh pelaut, yang semuanya tenggelam di kompartemen tempat tidur mereka saat kapal kontainer menabrak destroyer.

Angkatan Laut AS mengatakan pekan lalu bahwa pihaknya akan mendisiplinkan selusin pelaut yang berada di kapal Fitzgerald, termasuk dua perwira teratas dan pelaut papan atas, yang karirnya hampir pasti berakhir. Washingtonpost.com.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *