KRI Pulau Rengat -711 dan Pulau Rupat-712 Berhasil Deteksi dan Hancurkan Ranjau

Militer.or.id – KRI Pulau Rengat -711 dan Pulau Rupat-712 Berhasil Deteksi dan Hancurkan Ranjau.

Setelah semalam melaksanakan tugas pemburuan ranjau, KRI Pulau Rupat-712 dan KRI Pulau Rengat -711 berhasil mendeteksi ranjau pada Kamis 23-8-2017 yang terletak di Perairan Timur, Pulau Bintan.

Dalam Latihan Joint Minex 17/2017, pemburuan ranjau dengan menggunakan sonar kapal berhasil mendeteksi dan menangkap frekwensi dari bawah air kemudian menerima klasifikasi pada ranjau tersebut, sehingga sonar bawah air mendeteksi ukuran, bentuk, bayangan dan kekuatan pancaran pada ranjau tersebut.

HARUS BACA :  Modernisasi Tu-95MS, Bomber Pengangkut Rudal Strategis

Setelah dipastikan area yang telah ditemukan titik ranjau terdeteksi, 2 KRI jajaran Satran Koarmatim itu menyiapkan bom laut untuk membantu peledakan pada ranjau yang ditemukan, selanjutnya sekoci di turunkan dari KRI Pulau Rupat sebagai sekoci droping atau yang membawa bom, sedangkan sekoci dari KRI Pulau Rengat sebagai eksekutor dengan membawa kabel peledakan yang nantinya akan disambungkan dengan blasting.

HARUS BACA :  IRGC: "Iran Tak Ingin Berada di Suriah Dalam Jangka Panjang"
HARUS BACA :  Asops Danlantamal V Lepas Keberangkatan 3 Kapal Perang Singapura

Dalam Latihan ini, Kedua tim sekoci bergerak menuju tanda dimana titik ranjau berada dan sekoci droping menjatuhkan bom ke dasar laut. Sesudah semuanya terpasang tim sekoci droping melaksanakan pengamanan area dan menjauh dari jarak aman yang sudah ditentukan, selanjutnya tim sekoci eksekutor melaporkan bahwasanya bom siap ditembakkan menunggu perintah komando dari KRI Pulau Rupat sebagai Komando perintah peledakan.

HARUS BACA :  Israel Isyaratkan Akan Serang Target Iran di Irak

Ketika tim sekoci eksekutor siap menyambungkan kabel bom dengan kabel penembakkan, dari KRI pulau Rupat menghitung mundur dan hitungan terakhir terlihat serta terdengar suara ledakan. Selesai melaksanakan peledakan ranjau dalam keadaan aman, unsur KRI dan RSN yang terlibat latihan, bergerak menuju Batam.

Photo : KRI Pulau Rengat -711 dan Pulau Rupat-712 Berhasil Deteksi dan Hancurkan Ranjau. (Koarmatim)

Sumber : Pen Koarmatim

Roy Prasetya
Roy Prasetyahttps://militer.or.id
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Modernisasi Tu-95MS, Bomber Pengangkut Rudal Strategis

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Mobile Hyperbaric Chamber Dukung Penyelam Evakuasi Lion Air JT-610 – Militer.or.id