Korea Utara Tembakkan Tiga Rudal Balistik

Militer.or.id – Korea Utara Tembakkan Tiga Rudal Balistik.

Korea Utara tembakkan tiga rudal balistik jarak pendek pada Sabtu (2608). (KCNA via Reuters)
Korea Utara tembakkan tiga rudal balistik jarak pendek pada Sabtu (26/08). (KCNA via Reuters)

Korea Utara menembakkan beberapa rudal jarak pendek ke laut di lepas pantai timur pada Sabtu pagi (26/8).

Komando militer Amerika mengatakan bahwa mereka sudah mendeteksi tiga rudal balistik jarak pendek ditembakkan selama 20 menit. Hanya saja semua rudal tersebut gagal dalam penerbangan.

HARUS BACA :  Panglima TNI Berharap Konflik AS – Korut Diselesaikan Secara Damai

Satu buah rudal meledak sesaat setelah diluncurkan, sedangkan dua lainnya gagal dalam penerbangan.

Mengutip Reuters, proyektil tersebut diluncurkan dari provinsi Kangwon Timur Korea Utara dan terbang ke arah timur laut sekitar 250 km ke laut.

Kim Dong-yub, ahli militer di Institute for Far Eastern Studies di Seoul mengungkapkan, wilayah ini merupakan lokasi situs uji coba militer yang sering digunakan oleh Korea Utara untuk latihan rudal jangka pendek.

HARUS BACA :  Vietnam Sukses Upgrade PTS-M Dengan Zu-23-2

“Jadi, bukan rudal baru yang dikembangkan, ini rudal jarak pendek yang mereka tembakkan sebagai bagian dari latihan musim panas, dan sebagai respons terhadap latihan Ulchi Freedom Guardian.”

Komando Pasifik mengatakan bahwa rudal tersebut tidak menimbulkan ancaman ke daratan utama Amerika ataupun ke wilayah pasifik Guam, yang sebelumnya diancam rudal Korea Utara.

Ketegangan tersebut sempat mereda setelah adanya perang kata-kata tajam antara Pyongyang dan Washington. Saat itu Presiden AS Donald Trump memperingatkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bahwa dia akan menghadapi api dan kemarahan jika mengancam AS.

HARUS BACA :  Armada Timur Terima Peralatan Simulator Kapal Selam

Sebelum melakukan uji coba rudal saat ini, uji coba rudal terakhir Korea Utara terjadi pada 28 Juli lalu. Rudal tersebut merupakan rudal balistik antarbenua yang dirancang untuk terbang sejauh 10 ribu km.

Sumber : CNN

GLOBAL MILITARYMiliter
Roy Prasetyahttps://militer.or.id
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here