Riset yang Dikembangkan Indonesia Harus Ciptakan Teknologi

Militer.or.id – Riset yang Dikembangkan Indonesia Harus Ciptakan Teknologi.

Disain Roket Pengorbit LAPAN (istimewa)

Jakarta – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang P Soemantri Brodjonegoro mengatakan riset yang dikembangkan Indonesia harus mampu menciptakan teknologi.

“Riset dan pengembangan yang kita ingin kembangkan adalah yang bisa jadi pencipta bukan hanya sekadar perakit atau ‘assembler’ saja,” ujar Bambang di orasi ilmiahnya dalam Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture (SML) Tahun 2017 di Jakarta, 23/8/2017.

Ia mencontohkan Samsung yang dengan melakukan riset dan pengembangan yang kuat bisa mengembangkan telepon pintar sendiri dan bisa bersaing dengan teknologi dari negara lain.

HARUS BACA :  Hukum Sebagai Fungsi Komando di Kodam 16 Pattimura

“Yang dilakukan Korea Selatan juga luar biasa, yang awalnya hanya meniru kini menjadi negara yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Dengan kesadaran riset dan pengembangan yang tinggi perusahaan seperti Samsung kini bisa menjadi pesaing berat Apple,” ujar Bambang, dirilis Antara, 24/8/2017.

Iptek, menurutnya tidak hanya mendorong orang Korea menjadi “sophisticated” tapi bisa mendorong Sumber Daya Manusia (SDM) maju dan berdaya saing.

Dalam orasi ilmiahnya yang berjudul “Arah Kebijakan Pembangunan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa”, Menteri PPN juga mencontohkan Swedia yang berhasil menjalankan “triple helix” untuk mengembangkan iptek yang berujung pada penciptaan inovasi dan memberi nilai tambah.

HARUS BACA :  ISIS Minta Diizinkan Mundur dari Perbatasan Suriah-Lebanon
HARUS BACA :  Eksportir Senjara Rusia Bukukan Pesanan Senilai $50 Miliar – Militer.or.id

Lund University, lanjutnya, mampu melakukan kerja sama dengan dunia bisnis yang menyerap hasil penelitian perguruan tinggi dengan difasilitasi Pemerintah. Iptek yang sangat komersial muncul dan menjadi produk yang sangat akrab di telinga penduduk dunia yakni bluetooth dan Skype.

Jika merujuk pada pengalaman sejarah bangsa-bangsa di dunia, baik pada abad-abad lampau maupun abad modern, ia mengatakan kemajuan suatu peradaban antara lain tercermin pada pencapaian di bidang iptek. Peradaban tinggi suatu bangsa ditandai oleh penguasaan iptek yang memberi banyak manfaat, baik ekonomi, politik, maupun keamanan.

HARUS BACA :  Eksportir Senjara Rusia Bukukan Pesanan Senilai $50 Miliar – Militer.or.id

Suatu bangsa yang mampu menguasai iptek niscaya memiliki “political leverage” yang bagus di antara bangsa-bangsa lain, iptek juga dapat menjadi pilar utama untuk menopang kekuatan pertahanan suatu negara, iptek juga berkontribusi signifikan terhadap pembangunan ekonomi bangsa. Sangat jelas, iptek dapat dimanfaatkan untuk mendorong percepatan pembangunan nasional, yang berorientasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ujar Kepala Bappenas, Bambang P.S. Brodjonegoro.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  PH Air Force to Complete Acquisition of 12 FA-50 Fighter Jets in May

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here