Bakamla RI Bersama ABF Gelar Operasi Udara Maritim

Bakamla RI Bersama ABF Gelar Operasi Udara Maritim

Militer.or.id – Bakamla RI Bersama ABF Gelar Operasi Udara Maritim.

Bakamla RI Bersama ABF Gelar Operasi Udara Maritim
Bakamla RI Bersama ABF Gelar Operasi Udara Maritim. (SI)

Bulan Agustus 2017 merupakan bulan yang bersejarah bagi Bakamla RI. Karena operasi udara maritim untuk pertama kalinya sukses diselenggarakan bersama Australian Border Force (ABF) dalam Patroli Terkoordinasi (Patkor) Shearwater IV.

Target Operasi Udara Maritim Bhuana Nusantara IV Tahun 2017 yang masih dalam kesatuan Patkor Shearwater IV yaitu melaksanakan patroli pemantauan udara maritim di wilayah timur perairan Indonesia. Dalam pelaksanaannya operasi ini bertugas melakukan pendeteksian, pengenalan dan pengintaian terhadap kapal-kapal yang dicurigai melaksanakan tindak pelanggaran di laut, serta memberikan bantuan pencarian dan penyelamatan (SAR).

Selain itu, Operasi Udara Maritim Bhuana Nusantara IV yang dikomandani oleh Kolonel Pnb. Joko Triwibowo selaku Supervisor Operasi Bhuana Nusantara IV mendukung pelaksanaan kegiatan Operasi Sheawater IV saat ini dilaksanakan di wilayah perairan perbatasan Indonesia – Australia.

Menurut Kolonel Pnb. Joko, patroli bersama ini menggunakan pesawat Twin Otter Bakamla RI dan pesawat ABF bertujuan untuk menjaga secara bersama-sama keamanan di perbatasan kedua negara, khususnya di wilayah timur.

“Fokus tindakan menyimpang di laut yang menjadi perhatian seperti illegal fishing, people smugling, marine pollution, penyelundupan barang terlarang,”kata Kolonel Pnb. Joko.

Sumber : SI

FROM INDONESIAMiliterMiliter Indonesia
author
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *