KRI Nagapasa-403 Perkuat Jajaran Kapal Selam Koarmatim

Militer.or.id – KRI Nagapasa-403 Perkuat Jajaran Kapal Selam Koarmatim.

KRI Nagapasa-403 Perkuat Jajaran Kapal Selam Koarmatim, Surabaya, Jatim, 28/8/2017.

Surabaya – Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P, mendampingi Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P,  menyambut kedatangan kapal selam ketiga “KRI Nagapasa – 403” miliki TNI AL, di Dermaga Kapal Selam Koarmatim, Ujung, Surabaya. Senin (28/08/2017).

Kapal Selam ini dikomandani oleh Letkol Laut (P) Harry Setiawan, (AAL Angkatan 43, berangkat dari Korea menuju Indonesia tanggal 12 Agustus 2017 bersama 40 Awak KRI.

KRI Nagapasa dilengkapi dengan torpedo black shark yang memiliki panjang 6,3 meter dengan diameter 533 mm. Torpedo black shark memiliki jarak luncur ideal 50 kilometer dengan kecepatan 50 knot. Senjata kelas berat buatan Whitehead Alenia Sistemi Subacquei (WASS) Italia akan didukung dengan kemampuan lainnya seperti naval combat management system-nya menggunakan MSI-90U Mk 2, Kongsberg Defence Systems.

HARUS BACA :  Pemeriksaan dan Pengecekan Senjata Yonif PR 502 Kostrad

Untuk navigasi, kapal selam ini menggunakan Sagem’s Sigma 40XP inertial navigation system dan Integrating Navigation and Tactical Systems, dan OSI Maritime Systems ECPINS-W.

Kasal Laksamana TNI Ade Supandi ,menyambut kru kapal selam Nagapasa-403 di Surabaya, 28/8/2017

Kasal Laksamana TNI Ade Supandi menyatakan KRI Nagapasa – 403 merupakan kapal selam kelas 209/1400 pertama dari tiga buah kapal selam sejenis yang dibangun di Korea Selatan dan Indonesia. Dalam rangka Transfer of Technology sekaligus Transfer of Knowledge, pembangunan kapal selam ketiga direncanakan dilaksanakan di galangan PT. PAL Indonesia.

HARUS BACA :  Terkait Gerakan ISIS, BNPT Pantau Ratusan WNI di Luar Negeri

Hal ini merupakan kontribusi positif bagi kemajuan industri pertahanan terutama PT.PAL, dalam rangka proses alih teknologi yang pada gilirannya akan dapat membangun kemandirian produksi dalam negeri dibidang teknologi pengembangan alutsista TNI.

HARUS BACA :  Menteri Pertahanan RI Proyeksikan Pembelian 5 Hercules Baru

Kasal mengatakan bahwa nama Nagapasa diambil berdasarkan nama senjata berupa panah milik tokoh pewayangan Indrajit, putera mahkota negara alengka. Senjata ini saat dilepaskan memiliki keistimewaan yaitu dapat mengeluarkan ular yang tidak terbilang jumlahnya dan menyerang musuh dengan ganas. Hal ini mengandung makna bahwa dengan hadirnya KRI Nagapasa – 403 di jajaran TNI AL dapat memberikan daya tangkal (Detterence Effect) di kawasan regional dan menambah eksistensi TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan tugas dan berperan aktif memperkuat pertahanan negara.

Laksamana TNI Ade Supandi berharap kepada Komandan dan seluruh prajurit KRI Nagapasa – 403, agar dapat menjalankan amanah yang telah diberikan oleh rakyat dan negara. Dengan terus meningkatkan dedikasi dan profesionalitas prajurit matra laut, serta memelihara dan mempergunakan alusista tersebut sebaik – baiknya.

Kasal Laksamana TNI Ade Supandi usai menyambut kru kapal selam Nagapasa-403 di Surabaya, 28/8/2017

Dengan kedatangan Kapal Selam baru ini yang memiliki segudang kecanggihan di dalammya, seluruh prajurit kapal selam yang memiliki motto “Wira Ananta Rudhira yang berarti Tabah Sampai Akhir”, di bawah komando Komandan Satuan Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa, yang siap melaksanakan tugas menjaga kedaulatan NKRI.

HARUS BACA :  Upgrade F-16 UEA Oleh BAE Systems, Raytheon
HARUS BACA :  AS Izinkan Penjualan Rudal SM-3 Blok IIA ke Jepang

Hadir dalam acara ini diantaranya, Asrenum Panglima TNI Laksda TNI Siwi Sukma Adji, S.E., para Asisten Kasal, Dirjen Kuathan Kemhan, Kasarmatim Laksma TNI I.N.G. Ariawan, S.E., M.M., Dansatgas Yekda Kapal Selam (KSDS 209) Laksma TNI Iwan Isnurwanto, M.A.P., M.Tr. (Han)., Mr. Jang Sang Don selaku Head of Special and Naval Ship DSME, para Pejabat Utama Koarmatim, Pleton Satkopaska Koarmatim, Dislambair Koarmatim, Yon Taifib 1 Mar Surabaya, Puspenerbal dan prajurit Koarmatim. Dispen Koarmatim, 28/8/2017.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Yonif Mekanis 202 Juara Halang Rintang di Kodam Jaya

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here