TNI AU Perpanjang Penempatan Tiga T-50i di Kupang

Militer.or.id – TNI AU Perpanjang Penempatan Tiga T-50i di Kupang.

T-50i diparkir di hangar Lanud El Tari di Kupang, NTT, Jumat (04082017).
T-50i diparkir di hangar Lanud El Tari di Kupang, NTT, Jumat (4/8/2017). (Antara)

Mabes TNI Angkatan Udara memperpanjang penempatan tiga pesawat tempur jenis T-50i dan satu helikopter tempur jenis Puma di Pangkalan Lanud El Tari Kupang, kata Komandan Lanud El Tari Kupang Kolonel Pnb Ronny I Moningka, Selasa.

“Penempatan pesawat tempur dan helikopter Puma diperpanjang hingga September nanti,” katanya kepada Antara di Kupang.

Sebelumnya pada Juli lalu ia mengatakan bahwa kedatangan tiga pesawat tempur T-50i yang dikenal dengan sebutan Golden Eagle dan satu helikopter Puma itu akan ditempatkan di hanggar Lanud El Tari Kupang mulai 24 Juli hingga 24 Agustus.

HARUS BACA :  Kebangkitan Dirgantara Inggris Melalui The Tempest

Namun hingga kini melalui pantauan Antara hampir setiap hari pesawat tempur buatan Korea Selatan itu masih terus melintas di atas wilayah udara Kota Kupang dalam rangka mengelar operasi pengamanan wilayah perbatasan di daerah itu.

“Ada kebijakan tertentu yang mungkin saja menjadi pertimbangan para pimpinan di Mabes, sehingga penempatan tiga pesawat tempur dan satu helikopter ini diperpanjang penempatannya hingga 24 September nanti, dan suratnya sudah kami terima,” ujarnya.

HARUS BACA :  Santri Miliki Andil Besar dalam Perjuangan Kemerdekaan RI
HARUS BACA :  Review : Geliat BUMN Membangun Negeri

Ia mengatakan salah satu pertimbangan perpanjangan penempatan sejumlah pesawat tempur tersebut karena memang NTT merupakan daerah strategis yang berbatasan darat dengan Republik Demokrat Timor Leste serta berbatasan laut dengan Australia.

Lebih lanjut ia mengatakan penempatan tiga pesawat tempur dan satu helikopter tempur di NTT itu bukan karena daerah tersebut sedang dalam bahaya atau ancaman dari musuh.

“Penempatan pesawat tempur tersebut hanya merupakan bagian dari pengamanan dan pencegahan saja,” katanya menegaskan.

HARUS BACA :  FREMM Multi-Mission Frigate D654 Auvergne di Surabaya

Lebih lanjut Ronny menambahkan pesawat tempur dan satu unit helikopter itu sudah cukup mengamankan wilayah udara serta pemantauan di wilayah laut NTT.

“Ini hanya bagian dari pengamanan saja. Oleh karena itu masyarakat tidak usah khawatir kalau penempatan sejumlah pesawat dan helikopter tempur ini karena ada ancaman dari luar,” tambahnya.

Pengamanan dilakukan hingga ke wilayah perbatasan di bagian selatan yang berbatasan dengan Australia serta juga bagian utara yang berbatasan dengan Timor Leste.

Sumber : Antara

Roy Prasetya
Roy Prasetyahttps://militer.or.id
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Latest articles

HARUS BACA :  Santri Miliki Andil Besar dalam Perjuangan Kemerdekaan RI

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Masyarakat Kampung Togonfo hibahkan tanah kepada TNI AD

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here