Kosta Rika Buka Kedutaan Besar di Jakarta

Kosta Rika Buka Kedutaan Besar di Jakarta

Militer.or.id – Kosta Rika Buka Kedutaan Besar di Jakarta.

Jakarta – Menteri Luar Negeri Republik Kosta Rika Manuel Gonzalez Sanz berkunjung ke Indonesia dan akan secara resmi membuka Kedutaan Besar Kosta Rika di Jakarta pada Selasa, 5 September 2017.

“Ini merupakan kunjungan Menlu Kosta Rika yang pertama ke Indonesia. Kedatangan Menlu Manuel bertujuan untuk secara resmi membuka Kedutaan Besar Kosta Rika di Jakarta,” ujar Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi di Jakarta, 3/9/2017.

Pernyataan ini disampaikan Menlu RI usai melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Kosta Rika di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI.

Kedutaan Besar Kosta Rika merupakan perwakilan diplomatik asing ke-104 dan perwakilan ke-12 negara kawasan Amerika Latin di Jakarta.

“Kedutaan besar ini akan memfasilitasi berbagai upaya untuk meningkatkan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Kosta Rika,” ujar Menlu Retno.

Retno Marsudi menyatakan bahwa pembukaan kedutaan besar Kosta Rika itu juga menegaskan posisi Jakarta sebagai ibu kota diplomatik ASEAN. Dalam kunjungannya ke Indonesia, Menlu Kosta Rika juga akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal ASEAN.

“Dalam kesempatan ini, saya merasa terhormat dan senang untuk menyampaikan bahwa kami akan membuka kedutaan besar Kosta Rika di negara indah ini,” kata Menteri Luar Negeri Manuel Gonzalez Sanz.

Menurut Manuel Gonzalez Sanz, rencana pembukaan Kedutaan Besar Kosta Rika di Jakarta telah dibahas dan direncanakan saat kunjungan Menlu RI ke San Jose pada 2015.

“Kami waktu itu membahas kemungkinan untuk membuka Kedutaan Besar Kosta Rika di Jakarta. Saya senang kami bisa menjalankan kesepakatan itu. Akhirnya kami memiliki bagunan fisik permanen sebagai kantor perwakilan di Jakarta,” katanya yang dirilis Antara.

Pada tahun ini, Pemerintah Indonesia dan Kosta Rika memperingati 32 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

“Kunjungan saya ke Indonesia juga karena tahun ini kita memperingati 32 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Kosta Rika,” ujar Manuel Gonzalez Sanz.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *