Upgrade ECM Pesawat Tempur F-16 Dimulai

Upgrade ECM Pesawat Tempur F-16 Dimulai

Militer.or.id – Upgrade ECM Pesawat Tempur F-16 Dimulai.

Pesawat Tempur F-16

Upgrade armada jet jet tempur Lockheed Martin F-16 A/B milik Taiwan dengan Electronic Countermeasures (ECM) pod yang baru telah dimulai dalam skala kecil, ujar angkatan udara Taiwan, 3/9/2017.

Upgrade ECM ini untuk meningkatkan kemampuan surveilans udara-ke-udara dan udara darat dan juga meningkatkan kemampuan tempur pesawat F-16 Taiwan untuk memenuhi kebutuhan peperangan modern.

Armada F-16 Taiwan memiliki 80 jamming pod ECM AN/ALQ-184 (V) dan angkatan udara telah mengalokasikan dana US $ 160 juta untuk membeli 42 pod ALQ-131A FMS baru yang telah dikembangkan oleh tentara AS untuk menggantikan pod tua, namun sekarang hanya akan dapat membeli 12 pod FMS untuk anggaran tersebut karena meningkatnya biaya penelitian dan pengembangan, kata angkatan udara.

Angkatan udara berencana untuk menggunakan armada F-16 dengan pod FMS baru, yang dapat diintegrasikan dengan sistem tempur jet dan sesuai dengan perencanaan logistik angkatan udara Taiwan, katanya, dilansir Taipeitimes.com

Pengembangan dan pengujian pod baru telah selesai dan diproduksi dalam batch kecil, namun peningkatan lebih lanjut masih dimungkinkan, ujar angkatan udara menambahkan.

Pengadaan itu sesuai dengan Undang-undang Pengadaan Pemerintah, peraturan pengadaan militer dan Manual Bantuan Manajemen Keamanan Departemen Pertahanan AS, kata angkatan udara, dengan menolak laporan media lokal bahwa pihaknya berencana untuk melakukan amortisasi (melunasi dengan utang) biaya pengadaan selama beberapa tahun fiskal.

Jamming Pod ALQ-131(V) (primeportal.net)

Dikatakan peningkatannya sesuai dengan resolusi legislatif Taiwan Januari 2012 yang menetapkan bahwa angkatan udara “harus menyediakan peralatan yang sama yang digunakan oleh Angkatan Udara AS untuk memastikan konsistensi dalam penempatan senjata dan pemeliharaan dengan Angkatan Udara AS dan untuk memastikan efisiensi pengeluaran pemerintah”.

Jaming Pod ECM AN/ALQ-131 adalah tabung eksternal penanggulangan elektronik buatan Northrop Grumman yang dirancang untuk memberikan perlindungan kepada pesawat terbang terhadap senjata yang diarahkan radar. Lebih dari 1.350 ECM ALQ-131 telah diproduksi untuk Amerika Serikat dan 11 negara sekutu. Pod ECM ALQ-131 ECM telah dipasang pada pesawat : F-16, F-111, A-10, F-4, F-15, dan C-130.

Untuk membuat pod ECM ini update, Northrop Grumman telah memasang teknologi Digital Receiver Exciter (DRE) pada pod ALQ-131 yang memiliki kemampuan dan kinerja generasi kelima. Arsitektur DRE ini adalah turunan dari teknologi dari pesawat tempur yang paling mumpuni, termasuk F-16 Block 60 dan F-35 Joint Strike Fighter. Upgrade pod ECM ini tidak mengubah ukuran, berat atau kebutuhan daya pod, juga tidak melakukan modifikasi wajib apapun terhadap pesawat.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *