Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Pemerintah Dorong Putra Papua Jadi Pilot

Militer.or.id – Pemerintah Dorong Putra Papua Jadi Pilot.

Pesawat Su-30 Indonesia (theaviationist.com)

Manokwari – Pemerintah pusat mendorong putra daerah dari wilayah provinsi Papua dan Papua Barat untuk menjalani pendidikan penerbangan agar bisa menjadi pilot.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan di Manokwari, 3-9-2017 mengatakan pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan tahun ini melaksanakan program afirmasi pendidikan untuk jurusan penerbangan.

“Sudah ada pengumuman, pendaftaran sudah dibuka secara online. Saya ingin anak-anak Papua di Papua Barat memanfaatkan program ini,” kata gubernur. Terkait program tersebut, kata dia, pemerintah provinsi Papua Barat siap menanggung biaya jika jumlah taruna dari Papua Barat melebihi kuota yang disiapkan pusat

“Untuk Papua dan Papua Barat secara keseluruhan mendapat jatah 12 orang. Saya sudah sampaikan kepada pihak kementerian, kalau jumlah kita melebihi pemerintah daerah siap menanggung biaya pendidikan mereka,” tutur Dominggus Mandacan, dirilis Antara.

Menurut gubernur, investasi sumber daya manusia penting untuk membantu pembangunan daerah ke depan. Program pembangunan SDM menjadi salah satu prioritas kepemimpinanya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Max L Sabarofex pada wawancara terpisah mengatakan, program ini merupakan bagian dari nawacita presiden dan wakil presiden.

Pada program pendidikan penerbangan ini dibutuhkan anak-anak Papua yang benar-benar siap secara fisik, mental dan intelegensi. Hal itu adalah syarat yang harus dipenuhi cara calon pilot.

Program afirmasi dari pemerintah pusat tersebut sekarang dalam tahap pendaftaran yang dibuka sejak 31 Agustus sampai 31 Oktober 2017. Max pun sudah menyampaikan hal itu kepada seluruh Pemkab dan Pemkota.

“Kami berharap seluruh daerah menyiapkan putra-putri terbaik lulusan SMA/SMK, usia maksimum 25 tahun per 10 Januari 2018. Untuk pria tinggi minimal 167 cm dan Wanita 163 cm,” ujar Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan di Manokwari.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *