Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

India Pesan Lebih Banyak Helikopter Dhruv

Militer.or.id – India Pesan Lebih Banyak Helikopter Dhruv.

Angkatan Darat dan Angkatan Laut India akhirnya memesan 41 helikopter serang medium HAL Dhruv dengan kontrak senilai US$ 976 juta.

Dirancang oleh HAL sebagai helikopter medium serbaguna. Selain berfungsi sebagai helikopter transport, Dhruv juga dilengkapi persenjataan serang darat yang cukup memadai.

Program Advanced Light Helicopter (ALH) Dhruv diluncurkan pada tahun 1984 namun berjalan dengan sangat lambat karena berbagai kesulitan teknis. Selain karena embargo (akibat program nuklir) berbagai kesulitan transfer teknologi dialami selama beberapa tahun.

Prototipe pertama hanya terbang pada tahun 1992 berkat bantuan produsen mesin Turbomeca dari Perancis. Butuh waktu hampir sepuluh tahun bagi HAL untuk menyelesaikan sebuah helikopter baru yang pertama kali mulai beroperasi pada tahun 2002 di unit penjaga pantai, dan kemudian secara bertahap mulai bergabung dengan berbagai unit tentara India.

Heli Druv bisa mengangkut 12 personel pasukan militer, selain itu juga dilengkapi berbagai persenjataan yang bisa disesuaikan dengan misinya.

Helikopter Dhruv varian Angkatan Laut

Selain senjata standar kanon kaliber 20 mm, heli dapat menggotong 8 rudal anti tank atau pod roket anti tank/personel, atau bisa dikombinasi 4 rudal anti tank dan 4 rudal udara ke udara. Untuk varian Angkatan Laut bisa dikombinasikan dengan torpedo atau rudal anti kapal.

Selain itu heli Dhruv dilengkapi radar dan detector rudal, jammer inframerah, chaff dan flare dispenser untuk pertahanan diri.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *