Wow, Marinir Indonesia-Amerika Latihan Perang Bersama

Wow, Marinir Indonesia-Amerika Latihan Perang Bersama

Militer.or.id – Wow, Marinir Indonesia-Amerika Latihan Perang Bersama.

Latihan Marinir TNI AL dengan USMC, (Marinir.tnial.mil.id)

Situbondo – Sebanyak 264 prajurit Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Seikat (USMC), latihan perang bersama mulai Kamis 7-9-2017 di Pusat Latihan Pertempuran Korps Marinir Baluran, Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur.

Latihan “Cooperation Afloat Readiness and Training” (CARAT) 2017 ini melibatkan 264 prajurit, dengan jumlah 160 prajurit Marinir Indonesia dan 104 personel dari Marinir Amerika Serikat.

Latihan perang ini bagian dari latihan bersama antara TNI AL dengan US Navy dengan sandi “Coorperation Afloat Readiness And Training” (Carat) 2017.

Adapun materi latihan melibatkan : menembak senapan, menembak Mortir 60 mm, GPMG, sniper, bertahan hidup di tengah hutan, pertahanan, patroli dan raid yang dilakukan di Puslatpur Korps Marinir Baluran dan Selogiri.

Asops Kasal Laksamana Muda TNI I.N.G.N Ary Atmaja dalam sambutannya yang dibacakan Perwira Pelaksana Latihan, Letkol Mar Prasetya Pinandito menyebutkan
fokus dari latihan ini adalah kerja sama dan kemampuan untuk melaksanakan operasi gabungan, operasi gabungan laut dan udara, latihan bersama keamanan laut dan kegiatan sosial.

Carat 2017 merupakan implementasi di lapangan dari kerja sama bilateral di bidang pertahanan antara Indonesia dengan Amerika Serikat dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas, profesionalisme, saling pemahaman dan memberikan kontribusi positif untuk memperkuat hubungan angkatan laut kedua negara.

Ikut hadir dalam kesempatan ini, Danyon USMC Letkol USMC Salame, perwira dari Itjenal Letkol Mar Hermawan Prasetyo Budi, perwira dari Inspektorat Korps Marinir Letkol Mar Budi Setyono, Paban Sops Pasmar-1 Letkol Mar Kusyuwono dan perwira dari Sops Kormar Mayor Marinir Arif Bastian.

Pasukan USMC ini mendarat pada 6 -9-2017 di Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jawa Timur menggunakan kapal USNS Millinocket. Dari Tanjung Wangi mereka bergerak menuju Pusat Latihan Pertempuran (Puslatpur) Korps Marinir Baluran.(Antara).

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *