Militer Suriah Bongkar Blokade ISIS di Bandara Deir ez Zor

Militer Suriah Bongkar Blokade ISIS di Bandara Deir ez Zor

Militer.or.id – Militer Suriah Bongkar Blokade ISIS di Bandara Deir ez Zor.

Tank T-72 Suriah ( Jason Jones @DPRKJones)

Tentara Suriah telah memulai operasi untuk membongkar blokade pangkalan udara Deir ez-Zor, setelah berhasil merebut bukit strategis antara kota itu, ujar seorang koresponden Sputnik melaporkan dari tempat kejadian.

Tentara dan pasukan penjaga republik membobol wilayah pangkalan udara dari arah kuburan kota. Serangan tersebut didukung oleh penerbangan dan artileri.

Tentara Suriah dengan dukungan udara Rusia, akhirnya berhasil menghancurkan pengepungan tiga tahun ISIS di kota Deir ez-Zor pada tanggal 5 September. Sampai saat itu, makanan dan amunisi hanya dikirim ke kota melalui udara. Helikopter dari kota Qamishli telah mengevakuasi orang-orang yang terluka dan memberikan pasokan penting bagi penduduk kota.

Operasi untuk mematahkan pengepungan Deir ez-Zor, yang terletak 140 km selatan timur Raqqa, dimulai setelah empat bulan perencanaan dan persiapan setelah penyelesaian operasi untuk membebaskan Aleppo timur pada bulan Januari.

Operasi ini mengakhiri aktivitas pemberontakan yang serius di Suriah barat, yang memungkinkan pasukan pro-pemerintah mengalihkan perhatian mereka ke timur melintasi wilayah gurun pasir negara itu ke jantung kota ISIS.

Pada tanggal 7 September, seorang sumber mengatakan kepada Sputnik bahwa Angkatan Udara AS telah mengevakuasi komandan lapangan ISIS dari Deir ez-Zor. Koalisi pimpinan AS menolak klaim tersebut.

Rusia telah mengirim bantuan kemanusiaan ke kota tersebut, namun tidak ada satupun dari Barat.

Pasukan Suriah di Deir ez Zor  Ivan Sidorenko @IvanSidorenko1)

Tentara Suriah dan sekutunya berhasil memasuki wilayah Deir el-Zor pada Selasa 5-9-2017, sesudah melaksanakan  penyergapan mendadak. Tentara dapat bergerak maju pada Kamis 7-9-2017 mengatasi perlawanan  kelompok pemberontak di sebuah daerah kantong yang masih dikuasai kelompok itu, menurut laporan media.

Tayangan sebuah siaran televisi setempat memperlihatkan gambar sejumlah warga yang bersorak gembira atas tibanya iringan kendaraan bantuan di Deir el-Zor.

Perserikatan Bangsa-Bangsa memperkirakan sekitar 93.000 warga sipil  dalam kepungan kelompok ISIS di Deir el-Zor, dalam keadaan “sangat kesusahan”.

Iring-iringanan 40 truk yang sampai pada Kamis 7-9-2017 di wilayah itu, mengangkut kebutuhan dasar seperti bahan bakar, makanan dan obat-obatan untuk warga sipil, termasuk untuk memasok persediaan dua klinik keliling, menurut laporan kantor berita SANA.

Tentara juga menguasai daerah kantong terkepung lainnya di kota itu, kedua daerah itu terpisah ratusan meter oleh wilayah yang masih dikuasai ISIS. Lembaga HAM untuk Suriah mengatakan, 7-9-2017 bahwa tentara belum menjangkau sisa daerah kantong itu, dan masih berusaha untuk memperluas koridornya dari Barat.(sputniknews/reuters/antara).

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *