Pulau Terluar RI Jadi Prioritas Kekuatan TNI AL

Militer.or.id – Pulau Terluar RI Jadi Prioritas Kekuatan TNI AL.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Ade Supandi mengingatkan, sejalan dengan visi Poros Maritim Dunia, Pemerintah telah menetapkan kebijakan gelar kekuatan TNI tersebar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu dikatakan Ade Supandi dalam amanatnya yang dibacakan Danlantamal VIII diwakili oleh Wadan Lantamal VIII Kolonel Marinir Eddy Setiawan bertindak selaku Irup pada upacara Hari Jadi ke-72 TNI Angkatan Laut tahun 2017 yang bertempat di Mako Lantamal VIII, dengan Tema yaitu Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian, Senin (11/9/2017).

HARUS BACA :  Pengisian Bahan Bakar Su-35 Dalam Cuaca Ektsrem

“Kebijakan Pemerintah ini ditindaklanjuti TNI dengan menetapkan rencana penguatan kemampuan TNI secara terpadu di pulau-pulau terluar dan strategis yaitu Natuna, Yamdena-Selaru, Morotai, Biak dan Merauke,” kata Ade.

Adapun Pejabat yang hadir, para Asisten Danlantamal VIII, Para Kadis/Kasatker Lantamal VIII, Wakil Ketua Korcab VIII DJAT Ny. Sri Indrawati Eddy Setiawan beserta pengurus Korcab VIII Daerah Jalasenastri Armada Timur (DJAT), Perwira, Bintara, Tamtama, ASN Lantamal VIII serta Purnawirawan TNI AL.

HARUS BACA :  Korea Utara Luncurkan 3 Rudal Balistik

Dikatakan Ade, kebijakan pembangunan TNI Angkatan Laut ke depan, diarahkan untuk mencapai sasaran perencanaan strategis yaitu penajaman Minimum Essential Force (MEF), dengan pendekatan perencanaan berbasis kemampuan (Capability Based Planning), Pembangunan sarana dan prasarana serta bekal yang dibutuhkan untuk mendukung kesiapan operasional dan peningkatan profesionalitas prajurit.

Setelah upacara dilaksanakan atraksi Koloni Senapan oleh Yonmarhanlan VIII Bitung. Selanjutnya kata Pgs. Kadispen Lantamal VIII, Dedy Irawan Eko Cahyono Danlantamal VIII diwakili oleh Wadan Lantamal VIII Kolonel Marinir Eddy Setiawan memimpin Ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Weru.

HARUS BACA :  TNI Bangun Sumur Bor untuk Pengungsi di Desa Gawalise Palu – Militer.or.id

Kegiatan ini dalam rangka rangkaian Hari Jadi ke-72 TNI Angkatan Laut tahun 2017. Kegiatan diawali dengan penghormatan, dilanjutkan peletakan karangan bunga. Kegiatan diakhiri dengan tabur bunga bersama di Makam Pahlawan Nasional.

Perlu diketahui, salah satu Pahlawan Nasional Indonesia, atas nama Sutedi Senoputra juga dimakamkan di TMP Kairagi Manado. Nama Pahlawan ini merupakan nama salah satu KRI yang dimiliki TNI Angkatan Laut (KRI Sutedi Senoputra-378).

Photo : HUT TNI AL (detikcom)

Sumber : Sindonews

Roy Prasetyahttps://militer.or.id
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here