Militer Suriah Kuasai Pangkalan Udara Deir ez-Zour

Militer.or.id – Militer Suriah Kuasai Pangkalan Udara Deir ez-Zour.

Jet tempur Rusia serang posisi ISIS di Deir ez Zor, Suriah ( Muraselon.com)

Damaskus – Militer Suriah merebut dan mengamankan Pangkalan Udara Deir ez-Zour, pada Minggu 10-9-2017 di Suriah Timur, kata satu sumber militer kepada Xinhua.

Direbutnya Gunung Tharda telah mengamankan daerah di sekitar Pangkalan Udara Deir ez-Zour, karena pegunungan itu berfungsi sebagai garis pertahanan pertama pangkalan udara tersebut.

Sehari sebelumnya, militer Suriah dan tentara sekutunya menembus pengepungan ISIS terhadap pangkalan udara itu, satu pekan sesudah pembebasan pengepungan 3 tahun ISIS terhadap Ibu Kota Provinsi itu, Deir ez-Zour.

HARUS BACA :  Pindad Proyeksikan Ekspor Senjata Hingga Kendaraan Tempur

Gerilyawan ISIS menderita kekalahan besar akibat serangan pasukan Suriah di Pegunungan Tharda, kata sumber itu. Dia menambahkan banyak komandan ISIS yang telah mengundurkan diri dari Kota Bukamal di pinggiran Deir ez-Zour.

HARUS BACA :  Korea Selatan Lakukan Studi Kelayakan untuk Membangun Kapal Selam Nuklir

Untuk merebut pegunungan itu, pasukan Suriah melakukan serangan dari 2 tempat; 1 dari Bundaran Panorama di pintu masuk selatan Ibu Kota Deir Az-Zour, dan satu lagi dari Ladang Energi Tyem di pinggir selatan Provinsi Deir ez-Zour.

HARUS BACA :  Yonmarhanlan III JKT Amankan Kunjungan 2 Kapal Perang Rusia

Serangan tersebut berhasil sewaktu militer Suriah pada Minggu 10-9-2017 sepenuhnya menguasai sasaran atas jalan utama dari Ibu Kota Suriah, Damaskus, ke Kota Deir ez-Zour di Suriah Timur, dan membebaskan daerah penting ISIS di sepanjang jalan itu.

Militer Suriah berhasil menembus pengepungan tiga tahun oleh ISIS terhadap Kota Deir ez-Zour, pada 5 September 2017 dari pintu masuk Barat di Pangkalan Brigade 137. Belakangan, militer Suriah terus bergerak maju ke arah kompleks pemakaman dan Bundaran Panorama, sementara pasukan lain bergerak menuju kota itu dari wilayah gurun di sebelah Selatan Deir ez-Zour.

HARUS BACA :  Korsel Bantu Cari Korban Kecelakaan Kapal China-Iran
HARUS BACA :  Thailand Kembangakan Kapal Selam Mini

Kelompok pertama tentara mencapai pangkalan udara itu, sedangkan yang kedua merebut Ladang Teym dan merebut Deir Az-Zour, dan merebut seluruh jalan menuju Deir ez-Zour.

Deir ez-Zour adalah pertahanan penting buat ISIS dan ada kepentingan geografis strategis sebab letaknya dekat dengan Irak. Kelompok Dewan Militer Deir ez-Zour, yang disokong AS, telah menyerang ISIS di pinggir utara Deir ez-Zour, dan merebut beberapa kota kecil sejak mereka memulai serangan pada Sabtu 10-9-2017. (Antara/Xinhua-OANA).

,s.

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here