Era PARS III Dimulai Bersama Angkatan Darat Oman

Militer.or.id – Era PARS III Dimulai Bersama Angkatan Darat Oman.

PARS III FNSS, Turki (FNSS)

FNSS Turki telah mengirimkan kendaraan pertama dari 172 kendaraan PARS III yang sedang dikembangkan dan diproduksi untuk Angkatan Darat Kerajaan Oman, lewat sebuah upacara yang diadakan di Ankara pada 12 Juli 2017.  Kendaraan tempur PARS III merupakan  varian terbaru ini merupakan keluarga kendaraan PARS, yang mengusung turret SABER-25.

Kendaraan pertama dikirim dalam waktu kurang dari dua tahun – awalnya dimulai dengan kontrak hampir $ 500 juta yang ditandatangani dengan Oman pada tanggal 20 September 2015. Program ini meliputi pengiriman kendaraan dari berbagai konfigurasi.

HARUS BACA :  Indonesia Akan Lanjutkan Sistem Imbal Beli Alutsista

Desain konsep dasar kendaraan pertama kali disetujui pada bulan Mei 2016.  Setelah disahkannya disain tersebut produksi kendaraan pertama, konfigurasi PARS III 8 × 8 dengan turret SABER-25, diluncurkan bulan Agustus 2017, setelah inspeksi awal selesai pada bulan Juni .

Pada bulan September, uji ketahanan kendaraan dan fase penerimaan akhir akan dilakukan di Oman.

Selain platform 8×8, Oman juga memesan platform 6×6.

HARUS BACA :  Merajut Kebersamaan di Idul Fitri, Danrem 162 Open House
HARUS BACA :  Panglima TNI Kunjungi Mabes AB Uni Emirat Arab

Tes untuk Kendaraan Pengintai Lapis Baja PARS III 6 × 6  yang sedang diproduksi selesai pada bulan Agustus. Proses penerimaan akhir kendaraan PARS III 6 × 6 ini dijadwalkan bulan November 2017. Semua pengiriman dalam proyek ini diperkirakan selesai pada bulan Mei 2020.

Proyek ini mencakup desain, pengembangan, produksi, pengiriman 172 kendaraan dalam 13 konfigurasi yang berbeda, serta layanan dukungan logistik terpadu yang disediakan selama masa garansi.

HARUS BACA :  TNI AU Proyeksikan Miliki 8 Skadron Pesawat Tempur di 2024

Dari jumlah itu, 145 PARS III  dijadikan plaform  8 × 8 yang dikirimkan dalam delapan konfigurasi berbeda. Sisanya 27 PARS III akan menjadi kendaraan 6 × 6 yang dikirimkan dalam lima konfigurasi berbeda.

PARS III dengan Turret SABER-25

PARS III 8×8 untuk Oman sepenuhnya mampu memenuhi sebagian besar kebutuhan resimen infanteri mekanis untuk kendaraan lapis baja. Ini karena kendaraan yang akan berada di garis depan tersebut memiliki meriam otomatis 25 mm berkat Turret SABER-25. (milscint.com).

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

HARUS BACA :  Su-27.. Pesawat Tempur yang "Bandel"

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Ukraina Berlakukan Darurat Militer, Khawatir Diserang Rusia

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here