Alokasi Dana Rp 1,3 Triliun Bangun Bandara Sebatik

Militer.or.id – Alokasi Dana Rp 1,3 Triliun Bangun Bandara Sebatik.

ilustrasi

Nunukan – Pemerintah Pusat mengalokasikan dana sebesar Rp 1,3 triliun untuk membangun bandara di Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Rencana pembangunan bandara ini sudah masuk dalam proyek strategis nasional (PSN) yang dituangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2017, ungkap Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie, Kamis 14-9-2017.

HARUS BACA :  Uji Kemampuan Peleton Yon Kavaleri Kostrad

Irianto Lambrie mengatakan, informasi ini didapat secara resmi dari Kementerian Perhubungan RI melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara bahwa rencana pembangunan bandara di Pulau Sebatik yang berbatasan langsung dengan Negeri Sabah, Malaysia.

Selain dijadikan bandara komersil untuk pelayanan penumpang umum atau komersil, bandara di Pulau Sebatik ini rencananya dijadikan pula sebagai Pangkalan militer TNI AU.

“Jadi pembangunan bandara di Pulau Sebatik ini berbeda dengan bandara lainnya di Indonesia yang masuk PSN (proyek strategis nasional). Bandara di pulau yang berbatasan dengan Malaysia juga akan dijadikan pangkalan militer TNI AU,” jelas Gubernur Kaltara.

HARUS BACA :  Dermaga Kapal Selam Palu Mulai Difungsikan
HARUS BACA :  Pulau Batek Strategis untuk Pangkalan Militer

Hal ini dipertegas pengarahan Presiden, Joko Widodo sewaktu rapat terbatas di Istana Negara beberapa waktu lalu bahwa bandara di Pulau Sebatik memang nantinya difungsikan pula sebagai pangkalan militer.

Tetapi masih menunggu rekomendasi dari Kementerian Koordinator Polhukam dan Kementerian Pertahanan. Mengenai hasil studi kelayakannya dan ketersediaan lahan, Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie menyatakan, bentuknya bandara sedang dengan “runway” 1.800 meter. (Antara)

HARUS BACA :  73 Tahun Artileri Medan TNI AD Membentuk Prajurit Profesional

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here