Kapal Selam China Kembali Merapat ke Malaysia

Militer.or.id – Kapal Selam China Kembali Merapat ke Malaysia.

Kunjungan Kapal Selam China ke Malaysia, 5/1/2017 (Royal Malaysian Navy)

Kuala Lumpur – Kapal selam China berlabuh di Malaysia dalam kunjungan kedua ke Malaysia pada tahun ini, saat kekuatan Barat resah atas capaian perluasan China di Laut China Selatan.

China mengklaim hampir seluruh Laut Cina Selatan, yang dilalui sekitar 3 triliun dolar (lebih dari 36 ribu triliun rupiah) perdagangan dunia tiap tahun. Brunei, Malaysia, Filipina dan Taiwan juga mengklaim wilayah di Laut China Selatan.

HARUS BACA :  TNI-USPACOM Siapkan Latihan Gema Bhakti 2018

Tapi, ketegangan China dengan Malaysia atas tumpang tindih klaim itu tampak mereda setelah Malaysia pada November setuju untuk membeli empat kapal angkatan laut China dan berjanji kepada Beijing akan menangani sengketa Laut Cina Selatan secara dwipihak.

Angkatan Laut Malaysia mengkonfirmasi kunjungan kapal selam China itu, yang merapat di pangkalan angkatan laut Sepanggar di negara bagian Sabah di Kalimantan sejak Jumat hingga Senin.

HARUS BACA :  Ekspor Senjata Rusia ke Indonesia Mencapai $2,5 Miliar
HARUS BACA :  Latihan Perang Iran Uji Arhanud Mesbah 1

Kepala Angkatan Laut Malaysia Laksamana Ahmad Kamarulzaman Ahmad Badaruddin menyatakan dunia membuat aturan untuk menyambut kunjungan kapal angkatan laut asing, berdasarkan atas permintaan masing-masing negara dan atas izin diplomatik.

“Itu bagian dari upaya kami meningkatkan diplomasi pertahanan dan memperkuat hubungan kedua pihak,” ujarnya kepada Reuters, 13/9/2017.

Kapal selam itu dikawal kapal permukaan dari Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat dan kembali ke China setelah melakukan tugas pengawalan di teluk Aden, kata majalah pertahanan Jane’s 360, yang pertama melaporkan kunjungan kapal selam itu.

HARUS BACA :  Morotai Miliki Tempat Wisata Mengagumkan

Pada Januari, kapal selam China berlabuh di Sepanggar sebagai kunjungan kedua terpastikan kapal selam China ke pangkalan luar negeri, kata media pemerintah.

Kapal perang China juga merapat di pelabuhan Pakistan, Bangladesh dan Myanmar, yang membuat bingung India, pesaing kawasannya. (Reuters/Antara).

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

HARUS BACA :  Latihan Taruna Taruni KRI Bima Suci di Samudera Hindia

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Kasau Tinjau Pembangunan di Sekkau

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here