Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Yonkav 12/ BC Dapat Tambahan Sembilan Kendaraan Tempur

Militer.or.id – Yonkav 12/ BC Dapat Tambahan Sembilan Kendaraan Tempur.

Batalyon Kavaleri 12/BC Jajaran Kodam XII Tanjung Pura mendapatkan dukungan dengan adanya penambahan unit Alutsista kendaraan tempur (Ranpur) dari Mabes TNI AD.

Alutsista ranpur berupaya yakni Tank Sebanyak 9 Unit dengan Jenis meliputi AMX  13 Comando 4 Unit, AMX APC 3 Unit dan Tank AMX Ambulance 2 Unit.

Komandan Batalyon Kavaleri (Yonkav) 12/Beruang Cakti Letkol Kav Jamian menuturkan hal ini merupakan sesuai rencana dari Pussenkav Kodiklat TNI AD yang melaksanakan Penataan Alutsista di jajaran TNI AD Khususnya Satuan Kavaleri TNI AD.

Kemudian ia menambahkan hal ini juga merupakan Kebijakan dari Komando atas guna melengkapi Alutsista ( Alat Utama Sistem Persenjataan ) Di jajaran Satuan Bantuan Tempur Kodam XII TPR.

Di konfirmasi melalui telepon,  Letkol Kav Jamian mengatakan saat Ranpur Tank AMX Tiba Di Pelabuhan Dwi Kora Pontianak Pada Rabu (13/9/ 2017) sore Pukul 15.00 wib dan malam ini dilakukan bongkar muat dengan Menggunakan Kapal Pengangkut barang ADRI ORCA XLV III

“Seperti di ketahui kapal ADRI ORCA XLV III merupakan kapal kebanggaan dan Kepunyaan dari BEKANGAD ( Perbekalan Angkatan Darat) TNI AD.  Malam ini ranpur itu di bongkar muat dan Ranpur tersebut akan langsung di bawa ke Batalyon Kavaleri 12/BC Jl Raya Peniti Luar KM 29,2 Kabupaten Mempawah.”jelasnya

Ia pun mengatakan dengan dilaksanakannya penataan alutsista dan penambahan ranpur ( Kendaraan Tempur ) Lapis baja ini diharapkan akan dapat menambah kekuatan pertahanan wilayah

“Karena mengingat letak pulau kalimantan khususnya Kalbar yg merupakan wilayah dekat dengan perbatasan negara tetangga,”ujarnya

Dikatakannya lagi, bertambahnya kendaraan tempur ink dapat memaksimalkan dan mendukung tugas pokok satuan Kavaleri khususnya Yonkav 12/BC dimana dalam Bergerak satuan tersebut adalah satuan yang khusus menggunakan kendaraan-kendaraan tempur berlapis baja.

Ia berharap kedepannya harapan semua pelaksanaan penataan alutsista ini akan selalu dilaksanakan sesuai kebutuhan-kebutuhan dan situasi dinamika yang selalu berkembang.

 

Photo : Yonkav 12 BC Dapat Tambahan Sembilan Kendaraan Tempur AMX 13 (Tribun Pontianak)

Sumber : Tribun Pontianak

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *