Militer.or.id – Kini Giliran Suriah Kepung ISIS di Deir Az Zour.

Pasukan Suriah di Deir Az Zour

Damaskus – Militer Suriah berhasil mengepung petempur ISIS di beberapa bagian Kota Deir Az-Zour di bagian timur negeri itu pada Sabtu (16/9/2017), ujar satu kelompok pemantau.

Beberapa hari setelah menerobos pengepungan ISIS ke Deir Az-Zour, pasukan Suriah -yang didukung Rusia- telah mengubah keadaan bagi ISIS. Mereka mengepung beberapa bagian Ibu Kota Deir Az-Zour yang dikuasai ISIS setelah merebut beberapa daerah penting di pinggirnya, kata Observatorium Suriah bagi Hak Asasi Manusia.

Militer Suriah merebut Kota Kecil Muraiyieh dan Jafra, kunci untuk melakukan pengepungan terhadap petempur ISIS di Deir Az-Zour.

Militer Suriah, kata Xinhua, sekarang berada 25 kilometer dari Kota Mayadeen, yang penting, di pinggir Provinsi Deir Az-Zour.

Kota tersebut dipandang sebagai “Ibu Kota ISIS di Deir Az-Zour”.

Sementara itu, kelompok pengawas yang berpusat di London tersebut mengatakan satu pesawat Rusia atau Suriah diserang oleh sistem pertahanan udara ISIS di pinggir timur Deir Az-Zour.

Pesawat itu, tambah Observatorium Suriah, terlihat jatuh di bagian yang dikuasai pemerintah di Kota Deir Az-Zour, dan nasib pilotnya tidak diketahui.

Setelah serangan pekan lalu, yang menghasilkan tembusnya pengepungan ISIS atas daerah yang dikuasai pemerintah di Deir Az-Zour, pasukan Suriah bergerak maju dan telah merebut kekuasaan atas 64 persen kota tersebut, sementara ISIS menguasai sisanya.

Deir Az-Zour adalah kubu utama terakhir ISIS, sebab kelompok fanatik itu juga kehilangan “ibu kota de faktonya, Ar-Raqqah”, yang direbut Pasukan Demokratik Suriah -yang didukung AS dan telah merebut banyak wilayah kota di Suriah Utara itu (Antara/Xinhua-OANA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here