Panglima TNI Ziarah ke Makam Bung Karno dan Gus Dur

Militer.or.id – Panglima TNI Ziarah ke Makam Bung Karno dan Gus Dur.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo didampingi Kasad Jenderal TNI Mulyono, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi dan Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melaksanakan ziarah ke makam Bung Karno di Bendogerit, Blitar dan Gus Dur di Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur, Senin (18/9/2017).

Dalam kesempatan itu Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan bahwa melaksanakan ziarah ke Makam mantan Presiden RI merupakan salah satu rangkaian HUT Ke-72 TNI Tahun 2017. “Ziarah ke makam ini bermakna mengirimkan doa dan pewarisan nilai-nilai juang, karena beliau-beliau adalah pejuang-pejuang yang perlu dihargai pengorbannnya,” ujarnya.

HARUS BACA :  Duterte Kecam Latihan Militer di Laut China Selatan

Direncanakan Selasa (19/9/2017) Panglima TNI juga melaksanakan ziarah ke makam Presiden Soeharto di Kompleks Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah, dan Panglima Sudirman di Taman Makam Pahlawan Semaki, Yogyakarta serta tanggal 20 September 2017 ke Taman Makam Pahlawan prajurit-prajurit TNI di Dili dan Baucau yang sekarang sudah menjadi negara Timor Leste.

Panglima TNI mengatakan para prajurit TNI yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Dili dan Baucau adalah prajurit yang gugur dalam melaksanakan tugas dengan ketulusan bahkan rela berkorban sampai nyawanya.

HARUS BACA :  RI Tingkatkan Peran Serta Dalam Program Modernisasi Militer Filipina
HARUS BACA :  Penataran Astros di Batalyon Armed 1 Kostrad

“Ziarah ke Dili dan Baucau menunjukkan bahwa TNI sebagai institusi tidak melupakan prajurit-prajurit terbaik yang gugur dan dimakamkan di sana, karena tidak sempat dibawa pulang ke kampung halamannya, bahkan sampai sekarang banyak keluarga mereka yang tidak tahu dimana makamnya,” kata Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Menjawab pertanyaan wartawan terkait pengiriman pasukan perdamaian ke Rohingya, Panglima TNI mengatakan secara Undang-Undang boleh mengirim pasukan TNI, tetapi menunggu permintaan dari PBB seperti pengiriman pasukan Garuda ke Sudan, Afrika Tengah, dan tempat lainnya. “Saya hanya menyiapkan dalam hal ini menunggu saja, berapa pun diminta kita siap dan dengan senang hati,” katanya.

HARUS BACA :  PTDI Akan Bikin Pesawat N219 Versi Amfibi

Selain itu, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menjelaskan Indonesia telah mengirimkan bantuan berupa makanan dan obat-obatan yang dikirim dengan menggunakan 4 pesawat Hercules TNI AU untuk pengungsi etnis Rohingya di Banglades. “Pelaksanaan pengiriman bantuan tersebut tetap dalam pengawalan TNI dan Kementerian Luar Negeri. Kemudian ada perwakilan dokter untuk mengantisipasi dan melihat situasi apabila setiap saat diperlukan dokter dan Rumah Sakit Lapangan,” ujar Panglima TNI. (Puspen TNI).

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Latihan Rhino Ausindo 2018 Yonif MR 411 Kostrad

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here