Trump Ingatkan Korea Utara, Bisa Dihancurkan Total

Militer.or.id – Trump Ingatkan Korea Utara, Bisa Dihancurkan Total.

Pidato Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Sidang Umum PBB, New York, 19/9/2017 ( j sasseen – @seniorchief76)

New York – Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan peringatan keras terhadap Korea Utara dalam pidatonya di sesi Debat Umum Sidang Majelis Umum PBB ke-72 di Markas Besar PBB di New York, Selasa, 19/9/2017.

Dalam penampilan pertamanya di panggung Debat Umum sejak terpilih menjadi Presiden AS awal tahun ini, Trump menyatakan ambisi Korea Utara dalam mengembangkan senjata nuklir dan peluru kendali jarak jauh merupakan ancaman bagi keamanan dunia.

“Amerika Serikat memiliki kekuatan dan kesabaran yang kuat namun jika negara ini terpaksa mempertahankan diri dan sekutu-sekutunya, kami tidak punya pilihan lain kecuali menghancurkan total Korea Utara,” kata Trump.

HARUS BACA :  India Bayar Uang Muka Rafale Sebesar 4 Miliar Dollar

Trump, yang menjadi pembicara kedua setelah Presiden Brazil Michel Temer, menyinggung tindakan Korea Utara yang diduga melakukan pembunuhan saudara kandung Kim Jong Un di bandara udara Malaysia dan juga dugaan penculikan gadis remaja Jepang untuk dijadikan tutor bahasa bagi mata-mata Korea Utara.

“Jika hal itu tidak cukup gila, sekarang ambisi Korea Utara yang tanpa lelah mengembangkan senjata nuklir dan rudal balistik mengancam seluruh dunia dengan korban yang tak bisa dibayangkan jumlahnya,” kata Trump.

HARUS BACA :  Bangladesh dan Myanmar Tertarik MiG-35

Trump juga menyebut Kim Jong Un sebagai “manusia roket yang sedang dalam misi bunuh diri bagi dirinya dan rezimnya”.

HARUS BACA :  Panglima TNI Kunjungi Robertson Barracks di Australia

Amerika Serikat siap dan bersedia, namun Trump berharap hal tersebut tidak perlu dilakukan karena memandang PBB sebagai organisasi negara-negara di dunia bisa meredam krisis di Semenanjung Korea.

Trump mengatakan bahwa dunia menghadapi ancaman penghancuran dari negara berbahaya serta “teroris dan ekstremis”.

“Penguasa negara berbahaya tidak hanya mendukung teroris, namun mengancam negara lain dengan senjata paling merusak, yang diketahui manusia,” kata Trump merujuk pada senjata nuklir.

“Mari kita lihat bagaimana mereka (PBB) bertindak. Sudah waktunya bagi Korea Utara untuk menyadari bahwa denuklirisasi adalah satu-satunya masa depannya yang bisa diterima,” kata Trump.

HARUS BACA :  Australian Defence Budget Rises 8.3%

Trump, yang mulai berkuasa untuk mempromosikan agenda America First mengatakan kepada para pemimpin dunia bahwa AS tidak berusaha memaksakan kehendaknya kepada negara lain dan akan menghormati kedaulatan negara lain.

“Saya akan membela kepentingan Amerika di atas segalanya,” ungkapnya. “Tapi, dalam memenuhi kewajiban kepada bangsa lain, kami juga menyadari bahwa setiap orang berkepentingan mencari masa depan, tempat semua negara dapat berdaulat, makmur dan aman,” katanya.

HARUS BACA :  Amunisi Militer AS Jatuh dari Helikopter ke Atap Sekolah

Sebelumnya pada Senin (11/9), Dewan Keamanan PBB telah menjatuhkan sanksi kepada Korea Utara terkait uji nuklir dan rudal balistik yang negara itu lakukan.

Di Debat Umum tersebut, Trump menyatakan apresiasinya kepada China dan Rusia, yang biasanya selalu memveto resolusi DK PBB, namun kali ini menyatakan berbaris bersama dengan AS dan para anggota DK PBB lainnya untuk menggugurkan Korut. (Reuters/Antara).

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here