Pesawat Tempur TNI AU Kembali ke Homebase

Militer.or.id – Pesawat Tempur TNI AU Kembali ke Homebase.

Komando pertahanan udara nasional (Kohanudnas) sejak beberapa hari lalu menggelar latihan puncak dengan sandi tutuka tahun 2017. Latihan tempur itu sendiri melibatkan ratusan prajurit dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU, untuk meningkatkan kewaspadaan dalam melumpuhkan serangan udara lawan.

Setelah menggelar latihan, TNI AU sendiri secara resmi melepas kembalinya lima pesawat jet F-16 yang sebelumnya digunakan untuk latihan. Latihan Tutuka itu juga telah berlangsung sejak tanggal 18 September lalu dan Kamis (21/9) resmi ditutup.

HARUS BACA :  Kasal Buka Rakor Operasi TNI AL 2018

Jumat (22/9/2017) ini, pesawat yang sebelumnya digunakan akhirnya dikembalikan ke skuadronnya di Madiun.

Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional, Marsda TNI Yuyu Sutisna mengatakan, latihan terpadu ini untuk menguatkan sinkronisasi alutsista yang dimiliki ketiga matra, mulai dari deteksi pengindraan radar dan penindakan.

“Untuk TNI AD, penindakan dilakukan oleh detasemen rudal dan arhanud, dari TNI AL dengan menggunakan alutsista yang berada di kapal perang, sementara untuk TNI AU melakukan penindakan penurunan paksa dan menjatuhkan sasaran,” katanya, lanud Halim Perdanakusuma, Jumat (22/9).

HARUS BACA :  Antusias Warga Palembang Saksikan GS Gita Jala Taruna AAL
HARUS BACA :  Menembak Su-57 dengan MANPADS Tidak Mungkin - Pakar

Dikatakan Marsda Yuyu, lokasi latihan puncak dilaksanakan di beberapa tempat seperti di Medan, Pekanbaru, Jakarta dan Tangerang. Total pesawat tempur yang ikut serta dalam latihan puncak tutuka 2017 sebanyak 11 pesawat tempur dari 2 skuadron.

“Hari ini, karena sudah selesai, akhirnya kami kembalikan ke homebase mereka,” ujarnya.

Photo : F-16 TNI AU (Poskota)

Sumber : Poskota

Roy Prasetya
Roy Prasetyahttps://militer.or.id
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  8 Pesawat F-16 TNI AU Ikuti Pitch Black 2018