Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

USS Ronald Reagan Gelar Latihan Gabungan dengan Kapal Perang Jepang

Militer.or.id – USS Ronald Reagan Gelar Latihan Gabungan dengan Kapal Perang Jepang.

Kapal induk AS dan kapal perang Jepang saat latihan bersama di perairan Jepang dalam foto tanggal 14 September (Japan Maritime Self-Defense Force via REUTERS)

Militer Amerika Serikat (AS) menggelar latihan gabungan dengan militer Jepang di tengah ancaman Korea Utara (Korut). Kapal induk Angkatan Laut AS, USS Ronald Reagan, ikut latihan militer bersama kapal perang Jepang di perairan sebelah selatan Semenanjung Korea. 

Latihan itu dimaksudkan sebagai unjuk kekuatan Angkatan Laut AS dan Jepang.

Dituturkan Angkatan Laut Jepang dalam pernyataannya, seperti dilansir Reuters, Jumat (22/9/2017), USS Ronald Reagan yang memiliki bobot 100 ribu ton ini bersama dengan sejumlah kapal pengawalnya telah melakukan latihan gabungan dengan kapal-kapal perang sejak 11 September.

Latihan gabungan militer AS dan Jepang ini digelar di perairan sebelah selatan dan sebelah barat Jepang. Diketahui bahwa USS Ronald Reagan selama ini berbasis di Jepang dan merupakan bagian dari Armada Ketujuh AS yang berbasis di Pasifik.

USS Ronald Reagan melakukan latihan militer bersama tiga kapal perang Jepang, termasuk dua kapal penghancur dan salah satu dari dua kapal induk helikopter terbesar Jepang, Ise. Latihan militer gabungan ini akan berlangsung hingga 28 September.

Beberapa minggu terakhir, Korut menggelar uji coba nuklir dan meluncurkan rudal balistiknya hingga melintasi Jepang. AS dan sekutu-sekutunya menanggapi ancaman Korut dengan latihan militer gabungan. Pesawat pengebom dan jet tempur AS mengudara dekat Semenanjung Korea pekan ini.

Pada Jumat (22/9) ini, Korut mengingatkan pihaknya mungkin saja kembali menggelar uji coba nuklir, yang melibatkan bom hidrogen di atas perairan Samudera Pasifik. Peringatan itu dilontarkan setelah Presiden AS Donald Trump mengancam akan menghancurkan Korut secara total.

Sumber : Detik

GLOBAL MILITARYMiliter

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *