Bandara Silangit Disiapkan untuk Pendaratan Pesawat Besar

Militer.or.id – Bandara Silangit Disiapkan untuk Pendaratan Pesawat Besar.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi periksa kesiapan Bandara Silangit, di Tapanuli Utara, Sumatera Utara, 24/9/2017. (Perhubungan Udara)

Tapanuli Utara – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memeriksa kesiapan Bandara Silangit pada Minggu 24-9-2017 di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, yang akan resmi melayani penerbangan internasional pada 28 Oktober 2017.

Setelah mendarat di Bandara Silangit, Menteri Perhubungan langsung menuju lokasi proyek pembangunan perpanjangan landasan pacu dari semula 1.450 meter menjadi 1.650 meter sehingga nantinya bisa didarati pesawat sekelas Boeing 737 untuk semua seri.

HARUS BACA :  Myanmar Commissions Transport Aircraft, Helos

Menteri Budi Karya Sumadi optimis proyek perpanjangan landasan akan selesai tepat waktu sebelum bandara itu diresmikan sebagai bandara internasional oleh Presiden Joko Widodo pada 28 Oktober 2017. Selain itu, dia juga meminta agar perbukitan di ujung landasan pacu dipangkas agar tidak mengganggu keselamatan penerbangan.

Budi Karya yakin jika perpanjangan landasan pacu selesai maka jumlah penumpang akan naik sebab memungkinan adanya penerbangan langsung dari Jakarta atau luar negeri dengan pesawat sekelas Boeing 737.

“Pada 28 Oktober 2017 nanti, penerbangan internasional akan masuk untuk pertama kali. Nanti maskapai Garuda dari Singapura akan mendarat di Bandara Silangit,” ujarnya.

HARUS BACA :  Tradisi Lepas Sambut Komandan Pangkalan Marinir Jakarta
HARUS BACA :  Presiden Joko Widodo Berterima Kasih kepada TNI – Militer.or.id

Kendati penerbangan itu masih “charter flight” atau sewa, namun ke depan Menteri optimistis penerbangan sewa bisa menjadi penerbangan reguler seiring dengan meningkatnya jumlah penumpang.

Untuk menambah jumlah penumpang, Menteri Budi Karya meminta 7 Bupati di sekitar Danau Toba untuk membuat kegiatan secara bergantian untuk menarik minat wisatawan asing agar berkunjung ke Danau Toba melalui Bandara Silangit.

“Kalau yang ‘charter’ sukses maka dalam 6 bulan ke depan diharapkan menjadi reguler. Nanti akan ada penambahan maskapai yang ke sini. Sekarang ini baru Sriwijaya Air dan Garuda yang ke sini. Tapi Lion Air sudah mengajukan ijin ke sini,” ujarnya.

HARUS BACA :  Ibu Kota Indonesia yang Baru di Luar Pulau Jawa

Dengan status sebagai bandara internasional, maka akan memicu pertumbuhan ekonomi sebab hotel dan restoran tumbuh dan ekonomi akan membaik. “Orang Batak dari Jakarta bisa mudik langsung ke sini dan tidak perlu melalui Medan lagi,” katanya.

Bandar Udara Silangit dibangun pada masa penjajahan Jepang. Pembangunan kembali bandara ini mulai dilaksanakan sejak tahun 1995. Pada 14 Desember 2012, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan secara resmi menyerahkan operasional pengelolaan Bandara Silangit kepada PT Angkasa Pura II (Persero).

Bandara ini diharapkan bisa meningkatkan jumlah wisatawan ke Danau Toba terutama wisatawan asing sebab tidak perlu lagi melalui Bandara Kualanamu di Deli Serdang. 24/9/2017 (Antara)

HARUS BACA :  NH90 Prancis Jatuh di Kapal Induk Helikopter Dixmude – Militer.or.id

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Russia Offers Amur 1650 Submarine with AIP

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here