Kapal Perang HMAS Adelaide Merapat ke Jakarta

0
586

Militer.or.id – Kapal Perang HMAS Adelaide Merapat ke Jakarta.

HMAS Adelaide ( 1st Cbt Engr Regt- @CO_1CER)

Kapal terbesar dan terbaru Australia telah tiba di ibukota Indonesia sebagai bagian dari tur angkatan laut untuk wilayah Indo-Pasifik.

HMAS Adelaide perlahan-lahan masuk ke dermaga di Jakarta pada hari Minggu, 24/9/2017 untuk kunjungan hingga Selasa, 26/9/2017 dan menyelenggarakan resepsi onboard pada Senin malam.

HMAS Adelaide merapat ke Tanjung Priok, Jakarta, 24/9/2017 (Australian Associated Press)

Perjalanan – Indo-Pacific Endeavour – ini merupakan penyebaran tugas kelompok terkoordinasi terbesar sejak awal 1980an, yang mana HMAS Adelaide bergabung dengan lima kapal kecil lainnya dalam perjalanan mereka.

HARUS BACA :  Dari LCS, Radius Bomber China Jangkau Indonesia Hingga Australia Utara

HMAS Adelaide juga akan berhenti di berbagai negara lain, termasuk Malaysia dan Filipina dalam dua bulan ke depan.

Perwira Komandan HMAS Adelaide, Kapten Jon Earley mengatakan bahwa mereka berharap dapat mengunjungi sebanyak mungkin negara untuk menyumbangkan kemampuan yang bisa diberikan Australia kepada wilayah regional untuk keamanan maritim, terorisme dan tanggap bencana alam.

HMAS Adelaide merapat ke Tanjung Priok, Jakarta, 24/9/2017 (Paul Grigson)

Pada bulan November, Indonesia dan Australia akan melakukan latihan gabungan di Surabaya, untuk melihat bagaimana kapal-kapal kedua negara bekerja sama.

“Kami tidak diinstruksikan untuk melakukan patroli gabungan atau terkoordinasi di Laut Cina Selatan. Fokus kami di sini adalah untuk melakukan kunjungan internasional,” ujar Kapten Earley, yang dilansir theaustralian.com.au, 24/9/2017.

HARUS BACA :  Suriah Dilaporkan Tembak Jatuh Empat Rudal dan Pesawat Tempur Israel

Kunjungan ke Koarmabar

Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., diwakili Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena Pangarmabar) Kolonel Laut (P) Eko Jokowiyono, S.E., M.Si., menerima kunjungan kehormatan Komandan Kapal Perang Australia “HMAS Adelaide” Captain Jonathan Earley, CSC, RAN di Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jakarta Pusat, Senin 25/9/2017, dilansir Dispen Koarmabar.

Komandan Kapal Perang Australia “HMAS Adelaide” Captain Jonathan Earley, CSC, diterima Asrena Pangarmabar Kolonel Laut (P) Eko Jokowiyono, S.E., M.Si di Koarmabar, Jakarta, 25/9/2017.

Kunjungan kerhormatan Komandan Kapal Perang Australia “HMAS Adelaide” Captain Jonathan Earley, CSC, RAN di Mako Koarmabar ini, dalam rangka membina dan meningkatkan hubungan bilateral kedua negara baik yang telah terjalin selama ini serta meningkatkan kerja sama antara Angkatan Laut kedua negara, khususnya dengan Koarmabar.

HMAS Adelaide merapat ke Tanjung Priok, Jakarta bersama HMAS Toowoomba, 24/9/2017 (Paul Grigson)

Pada kesempatan ini, Komandan HMAS Adelaide menerima penjelasan tentang tugas pokok Koarmabar melalui penayangan video Profil Koarmabar serta dilanjutkan dengan saling bertukar informasi tentang Angkatan Laut kedua negara. Acara kunjungan kehormatan diakhiri dengan tukar menukar cinderamata antara kedua pejabat.

HARUS BACA :  Indo Defence 2018: CETC Incar Program Upgrade TNI AL

Turut mendampingi Asrena Pangarmabar dalam kegiatan tersebut antara lain Dansatfibarmabar, Dansatrolarmabar, Dansatbanarmabar dan Koorsmin Pangarmabar serta Dandenmako Koarmabar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here