Bomber Tu-95 MS Terbang ke Laut Jepang Dikawal Su-35

Militer.or.id – Bomber Tu-95 MS Terbang ke Laut Jepang Dikawal Su-35.

Bomber Tu-95MS (photo : Russian Defense Ministry’s Press and Information Department/TASS)

Moskow. Militer.or.id – Jet tempur Amerika Serikat (AS) dan Jepang mengawal pembom strategis Tupolev-95MS yang mengangkut rudal Rusia selama penerbangan mereka melintasi perairan internasional Laut Jepang dan Samudera Pasifik, ujar Kementerian Pertahanan Rusia, Senin, 30/2017, dirilis oleh TASS.

HARUS BACA :  Pengembangan N245 PT DI Butuh Rp 3 T

“Dua pembom strategis Tupolev-95MS dari Angkatan Udara Rusia telah melakukan penerbangan rutin melintasi perairan internasional Laut Jepang dan bagian barat Samudra Pasifik. Pada bagian-bagian tertentu dari rute, awak Tupolev-95MS didampingi oleh sepasang F-18 (Angkatan Udara AS), dan sepasang pesawat tempur F-15, F-4 dan F-2A (Angkatan Udara Jepang), “kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Selama misi, pesawat jarak jauh Tupolev-95MS dikawal oleh jet tempur multirole Rusia Sukhoi-35S.

dok. Bomber Tu-95 (Russian Air Force)

“Kru penerbangan jarak jauh melakukan penerbangan reguler melalui perairan internasional Arktik, Atlantik, Laut Hitam dan Samudera Pasifik. Semua penerbangan sesuai dengan peraturan internasional untuk menggunakan wilayah udara, tanpa adanya pelanggaran terhadap perbatasan negara lain,” kata Kementerian Pertahanan Rusia.

HARUS BACA :  Satgas TNI Konga UNIFIL Gelombang I Tiba di Tanah Air

Bomber TU-95MS mampu membawa 16 rudal jelajah Kh-55 (NATO : AS-15 Kent) -enam di dalam peluncur putar MKU 5-6, dan 10 di tiang sayap eksternal. Setiap rudal mampu membawa hulu ledak nuklir seberat 200 kiloton, yang mampu menghasilkan sebuah ledakan kira-kira sama dengan 10 kali bom atom yang menghancurkan Nagasaki.

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here