Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Presiden Trump Tawarkan Penengah Sengketa Laut China Selatan

Militer.or.id – Presiden Trump Tawarkan Penengah Sengketa Laut China Selatan.

Presiden AS, Donald Trump (Ryan Johnson / commons.wikipedia.org)

Hanoi, Militer.or.id – Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Minggu 12-11-2017 menyatakan siap menjadi penengah bagi 5 negara, yang terlibat, dalam sengketa Laut China Selatan, jalur perdagangan strategis dunia dan kaya kandungan alam.

Donald Trump menyampaikan pernyataan tersebut di Vietnam, salah satu negara paling keras mengkritik China sebab mengklaim sebagian besar kawasan sengketa itu dan melakukan militerisasi di daerah tersebut. “Jika saya bisa menengahinya, cukup beri tahu saya,” ujar Trump setelah bertemu dengan Presiden Vietnam Tran Dai Quang.

Trump mengakui bahwa pendirian China dalam sengketa tersebut menjadi persoalan besar. “Saya adalah penengah sangat handal,” kata Trump. Sementara itu, Presiden Quang mengatakan bahwa pihaknya tengah berusaha menangani sengketa di Laut China Selatan dengan negosiasi damai berdasarkan hukum internasional.

Vietnam mereklamasi sebagian kawasan terumbu karang di Laut China Selatan meski dalam level yang jauh lebih kecil dibanding China. Selain kedua negara tersebut, Brunei, Malaysia, dan Filipina juga terlibat dalam sengketa yang sama.

Sejak Presiden Filipina Rodrigo Duterte semakin mendekat ke China, Vietnam menjadi penantang China paling vokal di Asia Tenggara. Pada Juli 2017 lalu, Beijing sempat menekan Hanoi untuk menghentikan aktivitas pengeboran minyak di kawasan sengketa.

Namun, sejak saat itu hubungan kedua negara terus membaik. Presiden China Xi Jinping bahkan akan mengunjungi Hanoi pada sore (Minggu 12-11-2017) ini. Laut China Selatan juga sempat menjadi bahan perbincangan saat Trump mengunjungi Beijing awal pekan ini.

Washington sempat memicu kemarahan Beijing akibat sengketa soal kapal patroli dari Amerika Serikat berlayar di dekat pulau-pulau reklamasi bikinan China. Di Vietnam, Trump akan segera terbang menuju Filipina dalam kunjungan terakhir tur Asia-nya. Dia akan bertemu dengan negara-negara anggota ASEAN di Manila.

Pada Agustus 2017 lalu, menteri-menteri luar negeri ASEAN dan China menandatangani kesepakatan kerangka kerja bagi pedoman perilaku (code of conduct–COC) di Laut China Selatan. Kerangka kerja itu hanyalah garis besar bagaimana COC akan dirundingkan.

Kerangka kerja itu akan dibahas dalam pertemuan puncak antara kepala negara anggota ASEAN dan China pada Senin 13-11-2017. Langkah selanjutnya adalah konsultasi resmi di antara kedua pihak dan perundingan untuk COC. Perundingan paling dekat akan digelar pada Februari 2018. (Antara/Reuters).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *