Militer.or.id – Harris Terpilih Penyuplai Bomb Rack Unit Jet Tempur KFX.

Desain Pesawat Tempur KFX (photo : IHS Markit/Gareth Jennings Janes.com)

Militer.or.id. Harris Electronic Systems dipilih oleh Korea Aerospace Industries (KAI) untuk menyediakan sistem pengangkutan dan pelepasan bom/rudal untuk program pesawat tempur next-generation Korea Fighter-Experimental (KF-X), ujar situs Harris.com, 14/11/2017.

Jet tempur KAI-KF-X adalah sebuah program pengembangan pesawat tempur multirole advanced untuk Republik Korea Air Force. “Pesawat KF-X merupakan pelanggan strategis baru untuk Harris di pasar Asia,” kata Ed Zoiss, President, Harris Electronic Systems. “Pemilihan ini menegaskan kembali posisi Harris sebagai pemasok pilihan di seluruh dunia untuk solusi pengangkutan dan pelepasan rudal/bom”.

BRU 47 (photo : harris.com)

BRU-47 single store carrier (pengangkut tunggal bom BRU-47) atau istilahnya Bomb Rack Unit (BRU) / Bomb Release Unit, dikenal dengan keandalan dan kemudahan perawatannya, juga mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memuat barang/bom/rudal/tank external dengan menggunakan sway-brace technology yang dipatenkan – yang meminimalkan goyangan rak karena manuver pesawat terbang dan pelepasan amunisi.

BRU-46/A dan BRU-47/A menawarkan manfaat yang signifikan bagi pengguna, termasuk waktu pemuatan materi (bom/rudal/external tank -red) yang lebih pendek dan perawatan yang sangat singkat. Akibatnya, pengguna dapat dengan cepat mengisi ulang amunisi pesawat dan mengurangi ketergantungan pada infrastruktur logistik. Hal ini sangat penting selama misi pada sortie tinggi. Teknologi swaybrace yang dipatenkan Harris memfasilitasi pemuatan amunisi dalam situasi akses yang sulit, sekaligus menghilangkan kebutuhan untuk memperketat jack sekrup individu dengan nilai torsi yang tepat.

BRU 57 (photo : harris.com)

BRU-46/A dan BRU-47/A digunakan di Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) untuk F-15E EAGLE dan RAPTOR F/A-22. Selain itu, BRU-46/A bagian dari BRU-57 Smart Rack) juga digunakan pada jet tempur F-16 FALCON.

BRU-46/A dan BRU-47/A telah mendapatkan reputasi yang sangat baik di antara operator dan pengelola pesawat sebagai bom rack unit yang mudah dirawat.

BRU-57 adalah alat cerdas yang mampu menampung muatan twin dengan beban double tanpa perlu memodifikasi hardware -menyediakan beragam konfigurasi muatan.

BRU-55/A smart rack doubles (MIL-STD-1760) dapat digunakan pesawat serang taktis, seperti F/A-18 C-F. Hal ini dilakukan tanpa modifikasi kabel pesawat.

Penggunaan BRU 57 (MIL-STD-1760) twin bomb. (photo : Afwing.com)

Dalam catatan Globalsecurity.org, sebagai gambaran, satu pesawat tempur F-15 Amerika Serikat menggunakan 9 BRU 47 dan 6 BRU 46, untuk menghadirkan total 15 rak bom/rudal per pesawat.

Desain BRU 46 dan 47 memungkinkan pemuatan bom/rudal lebih cepat dan mudah serta mengurangi perawatan dan pembersihan.

Pada jet tempur F-22 Raptor yang baru, sebuah rak BRU-47/A digunakan pada masing-masing tiang/pylon untuk menahan tangki eksternal. Dan Angkatan Udara AS mengangkut bom GBU-32 JDAM dengan rak bom BRU-46/A. Tidak ada rencana untuk membawa JDAM secara eksternal ke pesawat F-22, dan BRU-47 hanya akan digunakan untuk menampung tangki bahan bakar eksternal di F-22 Raptor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here