Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Kasau Lantik 187 Perwira Setukupa A-20

Militer.or.id – Kasau Lantik 187 Perwira Setukupa A-20.

Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyaksikan penandatangan berita acara pelantikan dan pengambilan sumpah Setukpa A-20 di Lanud Adi Soemarmo, Karanganyar, Jawa Tengah, 21/11/2017.

Karanganyar. Militer.or.id – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., selaku Inspektur Upacara melantik dan mengambil sumpah 187 Perwira baru, asal Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) TNI Angkatan Udara Angkatan ke-20 T.A. 2017 di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa, 21/11/2017.

Dalam sambutannya Kepala Staf Angkatan Udara mengatakan seorang perwira harus memiliki disiplin yang tinggi, dapat menjadi contoh dalam penegakan hukum dan taat terhadap aturan serta senantiasa loyal kepada organisasi. Tidak kalah pentingnya adalah satunya kata dengan perbuatan, sehingga dapat dipercaya oleh atasan dan menjadi panutan bagi bawahan, tegas Kasau.

Lebih lanjut Kasau menyampaikan Sosok perwira yang berkualitas hanya dapat diwujudkan dengan membiasakan diri bekerja secara sistematis dan senantiasa berorientasi kepada keberhasilan pelaksanaan tugas. Hal ini mengingat tantangan tugas di masa depan yang semakin kompleks, sehingga sikap inovatif dan kreatif menjadi suatu tuntutan bagi kemajuan satuan, sehingga tidak ada tempat bagi Perwira yang bersikap pasif dan cenderung menunggu perintah.

Pada bagian lain Kasau juga menyampaikan keberhasilan pelaksanaan tugas Angkatan Udara sangat ditentukan oleh kualitas kesiapan operasional yang merupakan perpaduan antara unsur manusia, alutsista dengan seluruh sistem dan perangkat lunak yang mendukungnya.

Peralatan modern dan canggih belum merupakan jaminan akan keberhasilan pelaksanaan tugas, bila tidak diimbangi dengan kualitas personel yang memiliki jiwa ksatria, militan, loyal dan professional yang senantiasa mampu mengahadapi setiap tantangan dan tuntutan tugas, jelas Kasau.

Diakhir amanatnya Kasau mengharapkan agar para mantan siswa setelah bertugas dapat membawa diri dengan penuh keyakinan dalam menjalankan tugas sebagai perwira Angkatan Udara dimanapun ditugaskan, pungkas Kasau.

Pendidikan Setukpa TNI Angkatan Udara Angkatan ke-20 ini diikuti sebanyak 187 siswa, terdiri dari 167 siswa pria dan 20 siswa wanita Angkatan Udara (Wara). Para mantan siswa Setukpa TNI AU Angkatan ke-20 ini sebelumnya telah menempuh pendidikan selama 8 bulan di Skadron Pendidikan ( Skadik) 401 Lanud Adi Soemarmo. Terpilih sebagai lulusan terbaik adalah Letda Kes Suhartono kelahiran Ngawi, 14 April 1975 asal satuan Binjas Lanud Iswahyudi Madiun.

Acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 187 Perwira Setukpa Angkatan ke-20 ini dimeriahkan demo unjuk kebolehan kolone pedang dan kolone senapan, serta beladiri militer yang dibawakan para mantan siswa Setukpa Angkatan-20. Hadir pada upacara tersebut para pejabat Mabesau, pejabat Kodiklatau, para Komandan satuan di jajaran Kodiklatau, Ketua Umum PIA Ardhya Garini, Ketua PIA Ardhya Garini cabang 3/Gabungan II Lanud Adi Soemarmo dan Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb M. Tonny Harjono. (Dispen AU).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *