Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

TNI dan ADF Latihan Bersama Garuda Kookaburra 2017

Militer.or.id – TNI dan ADF Latihan Bersama Garuda Kookaburra 2017.

Wakil Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI Kolonel Pnb Engkus Kuswara membuka Latihan Bersama Garuda Kookaburra Tentara Nasional Indonesia dan Australia Defense Force Tahun 2017, pada Senin 20 November 2017 di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Bogor, Militer.or.id – Wakil Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (Wadan PMPP) TNI Kolonel Pnb Engkus Kuswara membuka Latihan Bersama Garuda Kookaburra Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Australia Defense Force (ADF) Tahun 2017, pada Senin 20 November 2017 di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Wadan PMPP TNI Kolonel Pnb Engkus Kuswara mengatakan, tujuan Latma Garuda Kookaburra untuk meningkatkan pemahaman tentang tantangan di bidang operasional dan taktis misi pemeliharaan perdamaian PBB yang semakin luas cakupannya dan rumit. “Latihan Bersama antara TNI dan ADF mencakup lokakarya, kerja kelompok dan latihan lapangan,” ujar Kolonel Pnb Engkus Kuswara.

“Latihan ini dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan, profesionalitas dan adaptasi dari pasukan pemelihara perdamaian, sehingga mampu memberikan penilaian yang jelas dan tajam serta mengembangkan laporan yang kuat dan andal dari garis depan,” kata Kolonel Pnb Engkus Kuswara.

Kolonel Pnb Engkus Kuswara menambahkan, latihan ini juga memberikan kontribusi yang bermanfaat dalam memperkuat hubungan antara Indonesia dan Australia. “Bagi para peserta dapat saling mengenal dan bertukar pengetahuan, pengalaman mengenai peran dan fungsi dalam hal operasi penjaga perdamaian,” ungkap Wakil Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian.

Sementara itu, Athan Australia untuk Indonesia, Kolonel Matthew Campbell mengatakan, Latihan Bersama Garuda Kookaburra merupakan salah satu contoh kerja sama nyata yang saling memberikan manfaat bagi kedua negara.

“Kedua pusat misi dan pelatihan pemeliharaan perdamaian nasional secara bersama meningkatkan mutu pelatihan dengan mengembangkan pelatihan-pelatihan sebelumnya dan mengidentifikasikan tantangan-tantangan yang timbul pada tingkat operasional yang menjadi fokus PBB,” ujar Kolonel Matthew Campbell .

Latihan Bersama Garuda Kookaburra 2017 yang dilaksanakan selama 10 hari diikuti oleh 40 peserta, terdiri dari 28 personel TNI dan 12 personel Angkatan Bersenjata Australia. (tniad.mil.id)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *