Rafale M Prancis Akan Berlatih dari Kapal Induk AS Tahun Depan

Militer.or.id – Rafale M Prancis Akan Berlatih dari Kapal Induk AS Tahun Depan.

Pesawat tempur Rafale M terbang dari kapal induk Charles De Gaulle dan melintasi kapal induk USS Dwight D. Eisenhower di Laut Mediterania, 8 Desember 2016. Foto: US Navy

Militer.or.id – Jet tempur Rafale M milik Angkatan Laut Prancis (Marine Nationale) akan terbang menuju Amerika Serikat pada bulan April 2018 dalam rangka pelatihan dan kualifikasi pengangkutan dari kapal induk milik Angkatan Laut AS.

HARUS BACA :  Prajurit TNI Bersihan Puing Pasca-Gempa di Palu – Militer.or.id

Pengumuman tersebut disampaikan saat Kepala Staf Angkatan Laut AS, Laksamana John Richardson saat bertemu dengan rekannya dari Prancis, Kepala Staf Angkatan Laut Prancis, Laksamana Christophe Prazuck pada tanggal 6 Desember di Paris, seperti dilansir dari laman Navy Recognition.

HARUS BACA :  Marah? Amerika Blokir Penjualan F-16 Bekas Israel ke Kroasia

Alasan dibalik pelatihan gabungan ini adalah karena satu-satunya kapal induk yang dimiliki Prancis, Charles De Gaulle, saat ini berada di dok kering untuk reparasi besar (reparasi pertengahan umur atau ATM2 di Prancis) sejak Februari 2017 dan tidak akan diluncurkan hingga Musim Panas 2018 (reparasi utama rata-rata berlangsung selama 18 bulan).

HARUS BACA :  Pangkostrad Kunjungi Brigif Para Raider 17 Yonkav 1 dan Kikav 1

Dihubungi oleh Navy Recognition, PAO Angkatan Laut Prancis tidak dapat memberikan tanggal yang tepat atau nama kapal induk Angkatan Laut AS yang akan digunakan, dan menjelaskan bahwa rincian tersebut masih dibicarakan antara kedua angkatan laut tersebut.

Ini bukan pertama kalinya Rafale M diluncurkan dan mendarat dari kapal induk AS. Angkatan Laut AS dan Angkatan Laut Prancis telah menunjukkan interoperabilitas jet tempur Rafale M yang telah mendarat dan diluncurkan beberapa kali, hampir setiap tahun, dari atas kapal induk AS. Sebagai contoh terakhir adalah:

  • Desember 2016, pesawat tempur Angkatan Laut Prancis melintasi dek USS Dwight D. Eisenhower saat dalam perjalanan di Laut Mediterania timur.
  • Maret 2015, dua angkatan laut yang bersekutu itu menguji, menerapkan dan memperbaiki interoperabilitas mereka saat berada di sebuah teater dan saat terlibat aktif dalam misi tempur di Teluk.
  • Pada bulan Januari 2014 , jenis pelatihan yang sama juga terjadi, dalam sebuah teater.
HARUS BACA :  Pembom Bunuh Diri Serang Rombongan Nato di Kabul

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here