Rusia Tambah T-90A untuk Tentara Suriah

Militer.or.id – Rusia Tambah T-90A untuk Tentara Suriah.

MBT T-90A buatan Rusia. (Foto: @Dmitriy Zhavoronkov / Twitter Garis Depan Suriah)

Militer.or.id – Menurut situs AMNEWS, tentara Suriah telah menerima kiriman selusin tank tempur utama T-90A buatan Rusia dalam sebulan terakhir. Rusia telah mengirimkan lebih dari 40 tank tempur utama T-90A ke Suriah, seperti dilansir dari Army Recognition. (26/12/2017)

Tank tempur utama T-90A ini dikirim ke Suriah dengan kapal kargo Rusia melewati Bosphorus untuk sampai di kota pelabuhan Latakia guna dikirim ke pasukan elit tentara Suriah.

HARUS BACA :  Taruna AAL Kunjungi Kodam Pattimura

T-90A adalah tank tempur utama buatan Rusia dan penerus T-90 standar. T-90A mulai beroperasi pada tahun 2005, menggantikan T-72 dan T-80 yang telah menua serta menjadi tulang punggung angkatan darat Rusia.

Persenjataan utama MBT T-90A terdiri dari sebuah meriam smoothbore 2A46M-5 125 mm yang mampu menembakkan amunisi konvensional maupun amunisi muatan terpisah (proyektil dan peledak) termasuk HE-FRAG (fragmentasi berdaya ledak tinggi) dan APFSDS-T (Armour Piercing Fin Stabilised Discarding Sabot – Tracer). Meriam ini juga dapat menembakkan proyektil anti-tank berpemandu laser 9M119M yang dilengkapi dengan hulu ledak tandem HEAT (High Explosive Anti-Tank), memiliki daya jangkau maksimum 5.000 m.

HARUS BACA :  Sudan Berhasil Kawinkan Pesawat China, Rusia dan Amerika
HARUS BACA :  Indonesia Kembali Kirim Bantuan Bagi Pengungsi Rohingya

Lambung dan turret T-90A di atas lengkung depan dilengkapi dengan Kontakt-5 ERA generasi terbaru yang mampu memberi perlindungan terhadap proyektil tipe APFSDS dan HEAT. Selain dilengkapi dengan lambung dan menara, panel ERA juga dipasang di kedua sisi lambung depan untuk memberikan perlindungan lateral ke setiap sisi kompartemen pengemudi.

Untuk meningkatkan kemampuan bertahan di medan perang, T-90A dilengkapi dengan sistem penanggulangan TShU1-7 Shtora-1 yang juga dipasang pada beberapa model MBT T-80UD dan T-84 (Ukraina). Shtora-1 adalah sistem pertahanan aktif yang melindungi tank terhadap peluru kendali menggunakan pemandu SACLOS.

HARUS BACA :  Moskow Kritik Campur Tangan AS Atas Pemerintah Venezuela

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  TNI Kembangkan Sistem "Network Centric Warfare"

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  India Beli 240 Bom Pintar untuk Su-30MKI Senilai $200 Juta dari Rusia