Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Rusia Tambah T-90A untuk Tentara Suriah

Militer.or.id – Rusia Tambah T-90A untuk Tentara Suriah.

MBT T-90A buatan Rusia. (Foto: @Dmitriy Zhavoronkov / Twitter Garis Depan Suriah)

Militer.or.id – Menurut situs AMNEWS, tentara Suriah telah menerima kiriman selusin tank tempur utama T-90A buatan Rusia dalam sebulan terakhir. Rusia telah mengirimkan lebih dari 40 tank tempur utama T-90A ke Suriah, seperti dilansir dari Army Recognition. (26/12/2017)

Tank tempur utama T-90A ini dikirim ke Suriah dengan kapal kargo Rusia melewati Bosphorus untuk sampai di kota pelabuhan Latakia guna dikirim ke pasukan elit tentara Suriah.

T-90A adalah tank tempur utama buatan Rusia dan penerus T-90 standar. T-90A mulai beroperasi pada tahun 2005, menggantikan T-72 dan T-80 yang telah menua serta menjadi tulang punggung angkatan darat Rusia.

Persenjataan utama MBT T-90A terdiri dari sebuah meriam smoothbore 2A46M-5 125 mm yang mampu menembakkan amunisi konvensional maupun amunisi muatan terpisah (proyektil dan peledak) termasuk HE-FRAG (fragmentasi berdaya ledak tinggi) dan APFSDS-T (Armour Piercing Fin Stabilised Discarding Sabot – Tracer). Meriam ini juga dapat menembakkan proyektil anti-tank berpemandu laser 9M119M yang dilengkapi dengan hulu ledak tandem HEAT (High Explosive Anti-Tank), memiliki daya jangkau maksimum 5.000 m.

Lambung dan turret T-90A di atas lengkung depan dilengkapi dengan Kontakt-5 ERA generasi terbaru yang mampu memberi perlindungan terhadap proyektil tipe APFSDS dan HEAT. Selain dilengkapi dengan lambung dan menara, panel ERA juga dipasang di kedua sisi lambung depan untuk memberikan perlindungan lateral ke setiap sisi kompartemen pengemudi.

Untuk meningkatkan kemampuan bertahan di medan perang, T-90A dilengkapi dengan sistem penanggulangan TShU1-7 Shtora-1 yang juga dipasang pada beberapa model MBT T-80UD dan T-84 (Ukraina). Shtora-1 adalah sistem pertahanan aktif yang melindungi tank terhadap peluru kendali menggunakan pemandu SACLOS.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *