Pakistan-China Kerjasama Pesawat Tempur Next-Gen

Pakistan-China Kerjasama Pesawat Tempur Next-Gen

Militer.or.id – Pakistan-China Kerjasama Pesawat Tempur Next-Gen.

Model pesawat tempur FC-31 China. (Sumber: AVIC)

Militer.or.id – Dalam sesi inagurasi AirTech 2017, sebuah konferensi yang diadakan di Air University Islamabad, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Sohail Aman, mengatakan bahwa China mendukung upaya Pakistan untuk mengembangkan pesawat tempur generasi berikutnya (Next-Gen), program satelit dan misi antariksa berawak, seperti dilansir dari laman QUWA.org.

“Pakistan terlibat dengan para ahli China dalam pembuatan pesawat generasi berikutnya. China juga memberikan bantuan teknis untuk meluncurkan program satelit”, kata Aman kepada para hadirin.

Di bawah “Proyek Azm” Angkatan Udara Pakistan (PAF) berusaha mengembangkan sendiri pesawat tempur generasi ke-5. Selain memiliki sebuah sistem untuk mendukung persyaratan masa depannya, Proyek Azm dipertimbangkan untuk mengarahkan Pakistan menuju otonomi yang lebih besar di dalam negeri dalam hal pengadaan sistem pertahanan dan memperluas industri dirgantara Pakistan.

Setelah secara resmi meluncurkan Project Azm pada bulan Juli, Marsekal Aman memberikan rincian tambahan mengenai proyek tersebut, seperti 60% pekerja yang terdiri dari warga sipil dan bahwa “dibutuhkan waktu lima tahun untuk memulai produksi” pesawat tempur tersebut, menurut Dawn News.

Di bawah Proyek Azm, Aviation Design Institute (AvDI) dari perusahaan dirgantara Pakistan, Pakistan Aeronautical Complex (PAC) ditawari untuk mengembangkan kendaraan udara Medium-Altitude Long-Endurance (MALE). Marsekal Aman menguraikan bahwa UAV MALE rancangan AvDI akan diproduksi dalam waktu 18 bulan kedepan.

Mengulangi pernyataan sebelumnya tentang membangun basis industri dalam negeri Pakistan dan mengurangi kebutuhannya untuk pemasok asing, Marsekal Aman mengumumkan pada AirTech 2017 bahwa PAF akan menyediakan sebagian besar sistem persenjataan dari Pakistan pada tahun 2020.

Selain Proyek Azm, CAS mengungkapkan bahwa China juga membantu Pakistan dalam pengembangan dibidang antariksa.

Selain membantu Pakistan dalam pengembangan satelit – misalnya Satelit Observasi Penginderaan Jauh Pakistan (PRSS-1) yang akan diluncurkan Maret 2018 – Marsekal Aman mengumumkan bahwa China akan membantu pengiriman astronot Pakistan ke luar angkasa dalam dua tahun ke depan.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *