STM Turki Ungkap Modifikasi MILGEM CF3500 untuk Kolombia

STM Turki Ungkap Modifikasi MILGEM CF3500 untuk Kolombia

Militer.or.id – STM Turki Ungkap Modifikasi MILGEM CF3500 untuk Kolombia.

STM CF3500 di hadirkan pada Expodefensa 2017. (Foto: STM)

Militer.or.id – Pada Expodefensa 2017, kontraktor pertahanan Savunma Teknolojileri Muhendislik (STM) Turki mengungkapkan varian baru dari platform kapal perang MILGEM – yang disebut CF3500 – untuk fregat masa depan Angkatan Laut Kolombia (PES), seperti dilansir dari laman Monch.

Pejabat pemasaran STM Dr Erdem Tumdag menggarisbawahi bahwa STM akan menggunakan aset teknik dan desain Kolombia untuk menghadirkan CF3500 Angkatan Laut Kolombia. Jika CF3500 dipilih sebagai fregat next-gen PES, STM akan bermitra dengan Cotecmar Shipyard di Kolombia untuk membangun delapan fregat tersebut.

CF3500 tampaknya merupakan varian lama dari korvet MILGEM yang ada. Selain mempertahankan meriam utama Ada 76 mm, 2×4 peluncur rudal anti-kapal (AshM), dek penerbangan dan hangar hibrid, 2×3 peluncur torpedo ringan (LWT) anti-kapal selam, CF3500 juga mencakup 12 atau 16 sel sistem peluncuran vertikal (VLS) pada bagian haluan dibelakang meriam utama.

Spesifikasi yang tersisa, seperti bobot, panjang, luas, jangkauan atau daya tahan, tidak diketahui, meskipun harganya cenderung sebanding dengan fregat I-Class yang sedang dibangun untuk Angkatan Laut Turki. Berdasarkan konvensi penamaan STM, CF3500 kemungkinan akan memiliki bobot 3.500 ton.

Fregat I-Class, yang juga merupakan hasil program MILGEM, memiliki panjang 113 m dan bobot 3.000 ton. Kapal perang ini dipersenjatai dengan meriam utama 76 mm, dua senapan 12,7 mm, 2×3 tabung LWT ASW, Rolling Airframe Missile (RAM) RIM-116, VLS Mk.41 dan 2×8 peluncur rudal anti kapal (AShM)

STM bersaing melawan perusahaan pembuat kapal DCNS asal Prancis dan gabungan Saab-BMT Defense Services bersama.

DCNS mengusulkan fregat BELH@RRA (Belharra) seberat 4.000 ton, yang diperkirakan akan berfungsi sebagai jembatan antara FREMM 6.000 ton dan desain Gowind 2.500 – 3.000 ton. DCNS BELH@RRA kemungkinan akan menyertakan sensor dan amunisi dari Thales dan MBDA.

Saab dan BMT menawarkan Venarium-110 yang dilengkapi radar AESA serbaguna Sea Giraffe, RBS-15 Mk3 AShM dan SME-150 electronic support measures (ESM).

STM adalah satu-satunya perusahaan yang disahkan oleh pemerintah Turki untuk memasarkan dan mengekspor MILGEM.

STM sedang bernegosiasi dengan Pakistan untuk penjualan empat korvet MILGEM Ada. Pada bulan November, Manajer Umum STM Davut Yilmaz mengatakan kepada MSI Turkish Defence Review, “Negosiasi teknis masih berlangsung… direncanakan untuk maju dan menyelesaikan semua aspek dari negosiasi kontrak”.

Menteri Pertahanan Pakistan Rana Tanveer Hussain menyatakan, “Prosesnya selesai dan pembangunan kapal akan dimulai dalam waktu dekat. Dua kapal akan dibangun di Karachi Shipyard & Engineering Works (KSEW)”.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *