Sistem Rudal S-300 Rusia Kerap Mengunci Jet AS di Suriah

Militer.or.id – Sistem Rudal S-300 Rusia Kerap Mengunci Jet AS di Suriah.

Sistem rudal S-300V dan S-300VM. © Sputnik/Ramil Sitdikov

MOSKOW, Militer.or.id – Komandan Angkatan Udara Rusia, Alexander Leonov mengatakan bahwa jet-jet tempur Amerika Serikat (AS) yang beroperasi di Suriah timur kerap dikunci oleh sistem rudal pertahanan udara S-300V4 Rusia, seperti dilansir dari Sputnik News.

HARUS BACA :  Pakistan Borong 30 Heli Tempur T129 dari Turki

“Sebagai bagian dari operasi militer, pesawat pengintai, pengebom strategis dan jet tempur Angkatan Udara AS berkali-kali terdeteksi dan terkunci secara otomatis”, tutur Letnan Jenderal Alexander Leonov pada hari Kamis.

Jenderal tersebut mengatakan bahwa sistem permukaan-ke-udara (SAM) dikirim ke Suriah pada bulan Oktober 2016 untuk memperluas kontrol atas wilayah udara bagian timur Suriah, guna mencegah serangan udara musuh di lapangan terbang Hmeymim dan basis logistik Tartus.

HARUS BACA :  F-4 Phantom II Jepang Segera Pensiun
HARUS BACA :  Menlu Iran: Resolusi 2231 Tidak Membatasi Aktivitas Rudal

Dia mengatakan bahwa pesawat-pesawat AS bereaksi “gugup” saat terkunci oleh unit pertahanan udara Rusia pada jarak 200-300 kilometer (124-186 mil). Sistem dan personilnya ditarik ke tempat penempatan permanen mereka pada bulan Juni tahun ini.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa pesawat tempur F-22 AS mencegah pesawat Su-25 Rusia dari melakukan misi tempur untuk menghancurkan kubu Daesh (ISIS) di Sungai Efrat Suriah. Namun, perwakilan kementerian mencatat bahwa setelah munculnya pesawat tempur Su-35S Rusia, F-22 menghentikan manuver berbahaya dan bergerak menuju wilayah udara Irak.

HARUS BACA :  PT DI Menjawab Tudingan Miring

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Malaysia Outlines its Shopping List

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  China Pamer Kemampuan Tank Ringan VT5 Terbaru