Kodam I/BB Siap Membantu Operasi Mantap Praja Toba 2018

Militer.or.id – Kodam I/BB Siap Membantu Operasi Mantap Praja Toba 2018.

Kodam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri, siap membantu “Operasi Mantap Praja Toba 2018” dalam rangka pengamanan Pilkada serentak Tahun 2018 di Wilayah Provinsi Sumut yang dipimpin Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw.

Medan, Militer.or.id – Kodam I/Bukit Barisan siap membantu “Operasi Mantap Praja Toba 2018” dalam rangka pengamanan Pilkada serentak Tahun 2018 di Wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang dipimpin Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw, pada Sabtu Sabtu 6 Januari 2018 bertempat di lapangan Benteng, Jalan Candi Mendut, Kelurahan Petisah Tengah, Medan, Sumatera Utara.

Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, pasukan yang diturunkan dalam pengamanan Pilkada serentak ini merupakan gabungan dari prajurit TNI dan Polri. “Selain itu juga, kita kerahkan pasukan dari instansi lain seperti, Linmas, Basarmas, Satpol PP dan Dinas Damkar,” ujarnya.

HARUS BACA :  Mobilisasi Tentara dan Milisi Venezuela Antisipasi Ancaman Trump

Kapolda menyampaikan, apel gelar pasukan dilaksanakan untuk pengecekan kesiapan personel, sarana dan prasarana dalam pemilihan Gubernur Sumut dan pemilihan 8  Kepala Daerah Kabupaten/Kota di Wilayah Sumut.

HARUS BACA :  Pentagon Setuju Jual 300 Rudal Helfire ke Kuwait

“Operasi Mantap Praja Toba 2018 akan dilaksanakan mulai dari pendaftaran, penetapan pasangan calon, rekapitulasi hasil penghitungan suara sampai penetapan dan pelantikan Kepala Daerah,”ungkapnya.

“Setiap tahapan Pilkada memiliki berbagai kerawanan gangguan Kamtibmas yang harus dijaga. Dalam Operasi Mantap Praja Toba 2018, Polda Sumatera Utara dan jajaran melibatkan personel pengamanan sebanyak 13.544 personel (Polda Sumut : 3.355 personel dan Satgas kewilayahan : 10.189 personel), di beberapa tempat, antara lain di Medan, Kabupaten Langkat, Dairi, Deli Serdang, Tapanuli Utara, Batu Bara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara dan Kota Padang Sidimpuan, ”tegas Kapolda.

HARUS BACA :  Kontingen Yongmoodo Divif 1 Kostrad, Kasad Cup

Lebih lanjut diungkapkan, netralitas TNI-Polri serta unsur penyelenggara Pilkada seperti KPU, Bawaslu dan Panwaslu serta seluruh komponen masyarakat dalam menjaga keamanan dan kesuksesan Pilkada serentak sangat dibutuhkan.

“Kepada seluruh anggota, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME, pancarkan nilai-nilai persaudaraan dan damai sejahtera dalam tugas. Tingkatkan kewaspadaan dan lakukan tahapan manajemen dalam tugas,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri menyampaikan, Kodam I/BB siap membantu “Operasi Mantap Praja Toba 2018” pada Apel Gelar Pasukan “Operasi Mantap Praja Toba-2018. “Laksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab dan disiplin yang tinggi, agar tugas pengamanan dapat berjalan aman dan lancar di wilayah Sumatera Utara,”tuturnya.

HARUS BACA :  Angkatan Udara Filipina Uji Sistem BNet Buatan Israel
HARUS BACA :  Thailand's Cabinet Approves US$393m Purchase of Chinese Submarines

Hadir dalam kegiatan ini adalah :

  1. Kasdam I/BB Brigjen TNI Tiopan Aritonang, S.I.P.
  2. Kabinda Sumut Brigjen TNI Ruruh A. Setyawibawa.
  3. Wakapolda Sumut Brigjen Pol Drs Agus Andrianto, SH.
  4. Wadanlantamal Kolonel (Mar) Imade Wahyu Santoso.
  5. Danlanud Soewondo Kolonel (Pnb) Daan Sulfi, S.Sos, M.Si.
  6. Walikota Medan, Drs. Dzulmi Eldin, M.Si.
  7. Ketua KPU Sumut Mulia Banurea, S.Ag, M.Si.
  8. Ketua Bawaslu Syafrida R. Rasahan, SH.
  9. Pangkosek Hasudnas III diwakili Asops Kolonel (Pnb) Jhonson Simatupang.
  10. Kasi Ops Basarnas M. Agus Wibisino.

(tniad.mil.id)

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here