Militer.or.id – Rudal Sky Sword II (TC-2) Taiwan Menantang Su-35 China.

Rudal udara-ke-udara jarak menengah TC-2 Sky Sword II (Tien Chien) buatan Taiwan. © Wikipedia

Militer.or.id.com – Taiwan dilaporkan akan melengkapi Pesawat Tempur Pribumi (IDF) dan kapal perangnya dengan rudal Sky Sword II yang dibangun di dalam negeri, untuk mengatasi ancaman dari pesawat tempur China.

Rudal Sky Sword II buatan Taiwan akan melihat penggunaan dan adaptasi mereka yang terus meningkat sehingga dapat membantu Angkatan Udara Taiwan mengatasi ancaman jet tempur Su-35 China, seperti dilansir dari Taiwan News pada hari Rabu.

Taiwan telah mengembangkan sejak 1990-an sebagai rudal udara-ke-udara jarak menengah di National Chungshan Institute of Science and Technology (NCSIST).

Menurut laporan Liberty Times, versi permukaan-ke-udara (TC-2N) dari rudal Sky Sword II akan didistribusikan ke fregat Lafayette Angkatan Laut Taiwan mulai tahun 2020-2028. Sebagai tambahan, jet tempur pribumi akan meningkatkan kapasitas angkut rudal tersebut menjadi dua kali lipat – dari dua menjadi empat rudal Sky Sword II (TC-2A) per pesawat – sebuah langkah yang telah ditargetkan terhadap jet siluman Chengdu J-20 dan jet Sukhoi Su-35 China.

Versi upgrade rudal Sky Sword II Taiwan telah memperluas jangkauannya dari 60 km menjadi 100 km. Sementara itu kecepatan maksimumnya adalah 6 Mach, atau enam kali kecepatan suara, yang dinilai cukup untuk melawan Su-35 yang memiliki kecepatan 2 Mach.

Jangan lupa isi form komentar di bawah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here