Rusia Tolak Permintaan AS Untuk Hentikan Jual Su-30 ke Myanmar

Militer.or.id – Rusia Tolak Permintaan AS Untuk Hentikan Jual Su-30 ke Myanmar.

Jet tempur multiperan Su-30 buatan Rusia. ©Wikipedia

Militer.or.id – Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Heather Nauert berkata dalam sebuah pengarahan tanggal 25 Januari 2018 bahwa Rusia harus menghentikan penjualan 6 (enam) Su-30 ke Myanmar, seperti dilansir dari laman DFNS.net.

“Kami mendesak pemerintah Rusia dan Burma untuk mempertimbangkan kembali penumpukan senjata lebih lanjut dan sepenuhnya berusaha keras untuk menemukan solusi yang damai dan stabil terhadap krisis tersebut”, katanya.

Sementara itu, juru bicara kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov menolak permintaan dari Departemen Luar Negeri AS tersebut keesokan harinya. Mengatakan kepada wartawan bahwa Rusia telah mengamati semua norma-norma, peraturan maupun prinsip hukum internasional dibidang kerjasama teknik militer dan akan terus berlanjut dimasa depan.

HARUS BACA :  Su-34 Rusia Dilaporkan Cegat F-16 Israel di Lebanon

Seperti diberitakan sebelumnya, Rusia akan memasok 6 (enam) jet tempur multiperan Su-30 untuk Angkatan Udara Myanmar, menurut kesepakatan yang telah dicapai saat kunjungan Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu ke negeri tersebut.

HARUS BACA :  Pentagon Klaim 'Mitra Lebih Baik' untuk Filipina daripada Rusia

Pada tanggal 20-22 Januari, Shoigu mengunjungi Myanmar dalam sebuah kunjungan resmi. Sebuah kesepakatan antar pemerintah mengenai entri yang efisien untuk kapal perang Rusia dan Myanmar telah ditandatangani pada saat kunjungan tersebut.

HARUS BACA :  Kecelakaan Helikopter Militer Turki, Empat Meninggal Dunia

Selain kesepakatan pembelian 6 jet tempur Su-30, pemerintah Myanmar juga tertarik untuk membeli sejumlah alutsista lain untuk kebutuhan Angkatan Laut dan Angkatan Darat Myanmar.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  China Mungkin Telah Upgrade J-10 Menjadi Siluman