Irak Telah Peroleh Enam T-50 Golden Eagle

Militer.or.id – Irak Telah Peroleh Enam T-50 Golden Eagle.

Pesawat tempur ringan T-50IQ Angkatan Udara Irak buatan KAI. © Alert5.com

Militer.or.id – Angkatan Udara Irak telah menerima setidaknya enam jet tempur ringan berbasis pesawat latih supersonik T-50 Golden Eagle Korea Aerospace Industries (KAI), seperti terlihat dalam foto yang dipublikasikan oleh akun media sosial angkatan udara, Alert 5.

Pada tahun 2013, Irak telah memesan sebayak 24 unit jet tempur ringan T-50IQ serta termasuk pelatihan senilai US $1,1 miliar. KAI pun telah mengumumkan bahwa mereka telah dikontrak untuk memberi dukungan atas pesawat tersebut selama 20 tahun dan total kesepakatan tersebut menjadi US $2 miliar.

HARUS BACA :  Satgas TNI Konga Bantu Penanganan Kebakaran di Darfur
HARUS BACA :  Bakamla RI Zona Kamla Tengah Komit Berantas Korupsi

Negara Irak telah memesan 24 jet tempur ringan T-50IQ, dan berdasarkan nomor seri yang ditunjukkan dalam foto tersebut setidaknya ada enam jet tempur di yakini telah dikirimkan.

Pesawat tempur ringan T-50IQ berada di hangar. © Alert5.com

Pesawat tempur ringan T-50IQ Angkatan Udara Irak. © Alert5.com

Versi pesawat tempur ringan FA-50 Irak diberi label sebagai T-50IQ, dapat dipersenjatai rudal udara ke udara dan udara ke permukaan, senapan mesin serta bom berpemandu dengan senjata presisi dan amunisi lainnya, menurut keterangan KAI pada tahun 2013.

HARUS BACA :  Angkatan Laut Filipina Akan Beli Lebih Banyak Rudal

Sementara itu pada 16 Maret 2017 yang lalu, Komandan Angkatan Udara Irak (IqAF) Letnan Jenderal Anwar Hamad Amin telah mengumumkan bahwa IqAF telah menerima batch pertama jet tempur rigan T-50IQ dari Korean Aerospace Industries (KAI).

HARUS BACA :  Indonesia Kembali Jadi Anggota Dewan IMO 2018-2019

Anwar Hamad Amin mengatakan bahwa jet tempur ringan tersebut dikirimkan dengan persenjataan dan peralatan, serta akan memasuki layanan dalam waktu dekat.

HARUS BACA :  Arab Saudi dan UAE Tawarkan Bantuan USD 500 Juta Buat Yaman

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here