Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Satgas Yonif 323 Latih Bela Negara Siswa di Papua

Militer.or.id – Satgas Yonif 323 Latih Bela Negara Siswa di Papua.

Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad menyelenggarakan pelatihan dasar kepemimpinan dan bela Negara bagi siswa, pada Kamis 25 Januari 2018 bertempat di Yayasan Nurush Shoba Papua, Distrik Jair, Papua.

Jair, Jakartagreater.om – Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad menyelenggarakan pelatihan dasar kepemimpinan dan bela Negara bagi siswa, pada Kamis 25 Januari 2018  bertempat di Yayasan Nurush Shoba Papua, Distrik Jair.

Dansatgas Yonif Raider 323/BP Kostrad Letkol Inf Agust Jovan Latuconsina, M. Si (Han) membuka langsung pelatihan dasar kepemimpinan dan bela negara yang diikuti 140 siswa/siswi Yayasan Nurush Shoba. Mereka terdiri dari gabungan siswa kelas VI MI dan MTS kelas VII, VIII dan IX. Pemberian materi dilakukan secara indoor maupun outdoor.

Dansatgas Yonif Raider 323/BP Kostrad mengatakan, bela negara tidaklah mesti diasosiasikan dengan pergi berperang, tetapi lebih luas dari itu. “Membela negara tidak saja terbatas kepada ancaman militer dari negara luar, melainkan juga dari serangan kebodohan, kemiskinan, kemunduran, ketidak-adilan, perpecahan, korupsi, kolusi, nepotisme, dan lain-lain yang menghambat kemajuan bangsa dan negara,”ujarnya.

“Bela negara adalah penjelmaan dari rasa cinta kepada negara dan tanah airnya. Rasa cinta inilah yang mendorong warga negara untuk mempertahankan negaranya dari berbagai ancaman dan mempertahankan citra negaranya dari hal-hal negatif yang akan menghambat kemajuan bangsa atau bahkan merusak Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Dansatgas.

Menurut Dansatgas Yonif Raider 323/BP, bela negara bisa dilakukan oleh setiap warga negara dari berbagai latar profesi, baik guru, bidan, dan tenaga kesehatan lainnya yang tengah berjuang melaksanakan tugas di pelosok tanah air.

”Anak-anak sekolah yang belajar dengan sungguh-sungguh untuk masa depan bangsa juga adalah upaya bela negara, merekalah yang telah membuat Republik Indonesia ini bisa tetap eksis sampai sekarang ini, ” tuturnya.

Adapun materi yang diberikan dalam kegiatan ini adalah outbond yang bertujuan untuk melatih keberanian, kekompakan, serta rasa percaya diri. Kegiatan team work dan leadership games yang bertujuan untuk melatih kerja sama tim, kepemimpinan, loyalitas, dan jiwa korsa.

Kegiatan penyuluhan narkoba yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang jenis Narkoba, bahaya, serta dampaknya. Pemutaran film Profil TNI sebagai sarana penggugah semangat untuk para pelajar sehingga memiliki cita-cita yang tinggi. (tniad.mil.id)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *