Singapura Pertimbangkan Beli F-35 Lockheed Martin

Militer.or.id – Singapura Pertimbangkan Beli F-35 Lockheed Martin.

Jet tempur siluman F-35 Lightning II terbang perdana di Edward AFB. ©U.S. Air Force via wikimedia.org

Militer.or.id – Pemerintah Singapura sedang mengevaluasi untuk membeli jet tempur generasi kelima F-35 dari AS, kata eksekutif Lockheed Martin pada hari Kamis disela-sela berlangsungnya Singapore Airshow, seperti dilansir dari Defense World.

“Mereka, saya kira, tengah serius mengevaluasi F-35 dan juga platform lainnya yang saya yakin. Ketika mereka siap, kami akan merespon”, kata Wakil Presiden Eksekutif Lockheed Internasional, Rick Edwards kepada Reuters.

Jet siluman F-35B “jump jet” dipajang pada Singapore Airshow yang berlangsung dari tanggal 6 – 11 Februari.

HARUS BACA :  Paramount Group Akan Merekondisi 22 Mirage Bekas Spanyol

Menurut laporan tersebut, pemerintah Singapura sedang dalam diskusi awal dengan Lockheed Martin untuk varian F-35B versi take-off pendek dan landing vertikal, yang disebut cocok untuk lingkungan dengan lahan terbatas.

Kepala Staf Angkatan Udara Singapura Mervyn Tan menyebut bahwa negara itu kini sedang mempelajari F-35 sebagai bagian dari rencana jangka panjang, Straits Times melaporkan pada hari Senin.

HARUS BACA :  Uji Ledak dan Pemasaran Tank Pindad-FNSS
HARUS BACA :  Butuh Cepat? Marinir AS Tinggal Print Saja

Namun, Richard Aboulafia, seorang analis penerbangan dari AS dan wakil presiden di Teal Group, mengatakan kepada Defense News, bahwa Singapura kemungkinan akan bergabung dengan klub F-35 dalam 10 tahun ke depan.

Aboulafia menggambarkan pasar Asia menjadi yang terkuat, yang menyatakan bahwa sampai tahun 2015, Jepang, Korea Selatan, Australia dan Singapura merupakan negara yang membeli pesawat militer dengan harga satuan diatas $ 50 juta, disamping Israel dan Arab Saudi.

HARUS BACA :  Saab Akan Upgrade ACCS Angkatan Udara Thailand

Jet tempur siluman F-35 Lightning II memiliki kecepatan tertinggi 1,6 Mach dan dapat membawa persenjataan seberat 18.000 pound (8,182 kilogram). Salah satu varian F-35 memiliki kemampuan untuk mendarat secara vertikal, seperti helikopter.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Saab Akan Upgrade ACCS Angkatan Udara Thailand