KAL Bireuen Tangkap Kapal Barang Ilegal dari Thailand

Militer.or.id – KAL Bireuen Tangkap Kapal Barang Ilegal dari Thailand.

Aceh Tamiang, Militer.or.id – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe, salah satu Lanal di jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) menangkap kapal yang memuat barang ilegal dari Pelabuhan Satun Thailand pada Sabtu 3 Maret 2018 di Perairan Aceh Tamiang, Aceh.

Penangkapan terhadap kapal motor ini berawal saat KAL Bireuen yang sedang melaksanakan patroli laut di sekitar perairan Perairan Aceh Tamiang, melihat sebuah kapal kargo kayu yang melakukan gerakan mencurigakan. Selanjutnya KAL Bireuen melaksanakan peran pemeriksaan dan mendekati kapal motor tersebut sekaligus menghentikannya pada posisi 4° 37 406” U – 098° 38 077” T.

HARUS BACA :  S-300 Suriah vs F-35i Israel, Siapa Unggul? – Militer.or.id
HARUS BACA :  Anggaran Baru Militer AS, Tarik Rusia, Cina dan Iran ke Perlombaan Senjata

Setelah dilaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan, diketahui kapal kargo kayu tersebut bernama KM Jaya Abadi I yang diawaki lima ABK dengan nahkoda berinisial MN dengan muatan 210 ekor ayam Jago dari Thailand, pakaian jadi (tekstil) sebanyak 8 ton serta pakan dan obat-obatan untuk ayam tarung lebih kurang 2 ton yang diduga ilegal.

KM. Jaya Abadi I dengan tonase Gt. 35 QQD No. 331 kepemilikan Z tersebut berlayar tanpa dilengkapi dokumen yang sah diantaranya Surat persetujuan berlayar, Data Manifest Barang, Surat Ijin dari karantina hewan, Surat Ijin Kepabean, Surat Ijin Expor Impor Barang Muatan dan Daftar Awak Kapal/ Crew List tidak sesuai serta Sertifikat Kelaikan Kapal.

HARUS BACA :  Peringatan HUT ke-72 Korps Marinir

Berdasarkan pelanggaran tersebut maka KM Jaya Abadi I beserta ABK dan muatannya dikawal oleh KAL Bireuen menuju ke Lanal Loukseumawe guna pemeriksaan lebih lanjut. (Dispen Koarmabar).

HARUS BACA :  Last Flight Siswa Transisi Pesawat Super Tucano

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

44.1k Followers
Follow

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Serah Terima Jabatan Danjen Akademi TNI dan Aslog Panglima TNI