KAL Bireuen Tangkap Kapal Barang Ilegal dari Thailand

Militer.or.id – KAL Bireuen Tangkap Kapal Barang Ilegal dari Thailand.

Aceh Tamiang, Militer.or.id – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe, salah satu Lanal di jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) menangkap kapal yang memuat barang ilegal dari Pelabuhan Satun Thailand pada Sabtu 3 Maret 2018 di Perairan Aceh Tamiang, Aceh.

Penangkapan terhadap kapal motor ini berawal saat KAL Bireuen yang sedang melaksanakan patroli laut di sekitar perairan Perairan Aceh Tamiang, melihat sebuah kapal kargo kayu yang melakukan gerakan mencurigakan. Selanjutnya KAL Bireuen melaksanakan peran pemeriksaan dan mendekati kapal motor tersebut sekaligus menghentikannya pada posisi 4° 37 406” U – 098° 38 077” T.

HARUS BACA :  Selain USS Coronado, Tiga Kapal Perang China Juga Sandar di Tanjung Priok

Setelah dilaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan, diketahui kapal kargo kayu tersebut bernama KM Jaya Abadi I yang diawaki lima ABK dengan nahkoda berinisial MN dengan muatan 210 ekor ayam Jago dari Thailand, pakaian jadi (tekstil) sebanyak 8 ton serta pakan dan obat-obatan untuk ayam tarung lebih kurang 2 ton yang diduga ilegal.

HARUS BACA :  Satgas Yonif PR 432 Meriahkan Festival Crooss Border di Perbatasan RI-PNG

KM. Jaya Abadi I dengan tonase Gt. 35 QQD No. 331 kepemilikan Z tersebut berlayar tanpa dilengkapi dokumen yang sah diantaranya Surat persetujuan berlayar, Data Manifest Barang, Surat Ijin dari karantina hewan, Surat Ijin Kepabean, Surat Ijin Expor Impor Barang Muatan dan Daftar Awak Kapal/ Crew List tidak sesuai serta Sertifikat Kelaikan Kapal.

HARUS BACA :  Jet Tempur F16 Nyaris Menembak 3 Kru Darat

Berdasarkan pelanggaran tersebut maka KM Jaya Abadi I beserta ABK dan muatannya dikawal oleh KAL Bireuen menuju ke Lanal Loukseumawe guna pemeriksaan lebih lanjut. (Dispen Koarmabar).

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Peresmian Fasilitas Pangkalan TNI AL Wilayah Timur