Prajurit Satranarmabar Latihan Penyapuan Ranjau

Militer.or.id – Prajurit Satranarmabar Latihan Penyapuan Ranjau.

Jakarta, Militer.or.id – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta profesioanlisme prajurit dalam tindakan perlawanan ranjau, Satuan Kapal Ranjau (Satran) Koarmabar melaksanakan latihan Penyapuan Ranjau, pada Selasa, 20 Maret 2018.

Latihan Penyapuan Ranjau ini, dipimpin Kolonel Laut (P) Dodi Agus Prasetyo, S.Pi., M.A.P., selaku Komandan Satuan Kapal Ranjau Komando Armada RI Kawasan Barat (Dansatranarmabar) sekaligus sebagai Papelat dengan melibatkan seluruh prajurit Satran Koarmabar.

HARUS BACA :  Turki dan Ukraina Bahas Produksi Bersama An-188

Satuan Kapal Ranjau Koarmabar merupakan komando pelaksana pembinaan yang mempunyai tugas pokok melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur unsur-unsur organiknya dalam bidang peperangan ranjau dan peperangan anti udara dalam rangka meningkatkan kemampuan tempur Koarmabar.

Latihan yang dilaksanakan selama 9 hari tersebut dibagi dalam 2 tahap. Tahap pertama adalah teori berupa penyampaian materi baik tentang berbagai macam jenis ranjau, daerah penyebaran, prosedur penyebaran maupun prosedur tindakan perlawanan ranjau yang meliputi analisa data kontak bawah air dan penyapuan ranjau.

HARUS BACA :  KM Yora 03 yang Sempat Hilang, Ditarik ke Pulau Seram
HARUS BACA :  Lama CARAT 2017, TNI AL Akan Ikut Awaki Pesawat Canggih AS

Pada tahap selanjutnya adalah praktik dan drill gelar Alat Penyapu Ranjau (APR) jenis Mekanik MSG 25 yang dilaksanakan di geladak KRI Pulau Rusa-726 dengan Komandan KRI Mayor Laut (P) Fitriana C Ardi, S.E., yang sedang bersandar di dermaga Fasilitas Pemeliharaan Perbaikan (Fasharkan) Mentigi.

Pada kesempatan tersebut Dansatranarmabar menegaskan bahwa untuk mengasah profesionalisme harus dilaksanakan pembinaan secara terus menerus bertingkat dan berlanjut, sehingga ketrampilan prajurit dalam melaksanakan gelar peralatan peranjauan dapat tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan dengan tetap mengutamakan keselamatan personel maupun materiil dalam setiap latihan (Zero Accident).

HARUS BACA :  Wakasad Australia Apresiasi Prajurit TNI

Pada latihan kali ini bertindak selaku instruktur adalah para perwira dibantu bintara senior baik dari staf maupun KRI. (Dispen Koarmabar).

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Bajet 2017 Tambah Baik Aset Dua Pangkalan Laut di Perairan Timur Sabah