Helikopter Jammer Rusia Terlihat di Suriah

Militer.or.id – Helikopter Jammer Rusia Terlihat di Suriah.

Helikopter Pernika, Mi-8MTPR-1 buatan Rusia © @Syr_Mil_Wik via Twitter

Militer.or.id – Dikenal sebagai salah satu jammer terefektif di dunia, helikopter berbasis sistem peperangan radio elektronika Rychag-AV Rusia ini mampu melindungi seluruh kendaraan dengan “membutakan” pesawat tempur dan rudal musuh dalam jarak beberapa ratus kilometer.

Dilansir dari Sputnik, sebuah foto yang tampak seperti helikopter Mi-8MTPR-1 Rusia yang dilengkapi dengan sistem peperangan radio elektronik Rychag-AV yang berada di Suriah telah muncul di sebuah akun Twitter.

Helikopter Peperangan Elektronika (Pernika), Mi-8MT buatan Rusia © Igor Bubin via Wikimedia Commons

Rychag-AV merupakan salah satu jammer paling kuat di dunia saat ini yang digunakan untuk mengganggu peralatan elektronik pesawat tempur dan juga rudal jelajah.

HARUS BACA :  Penempatan Perwira Baru dan Penambahan Alutsista TNI AU
HARUS BACA :  Seoul Waspadai Pilihan Trump Keluar Dari INF – Militer.or.id

Sistem Rychag-AV ini biasanya dipasang pada helikopter Mi-8MTPR-1 dan bisa benar-benar “membutakan” musuh hingga radius 400 km (sekitar 248 mil) jauhnya. Selain itu, peralatan Rychag-AV juga dapat diinstal pada sistem pertahanan udara mobile berbasis darat.

HARUS BACA :  Militer Rusia Berlatih Ubah Posisi ICBM Yars

Harian Rossiyskaya Gazeta yang mengutip pakar militer mengatakan bahwa jammer Rychag-AV telah secara signifikan mampu mengurangi efektivitas serangan udara AS di pangkalan udara Ash Sha’irat Suriah pada bulan April 2017 lalu.

HARUS BACA :  Pertempuran Russian Mercenaries dan US Commandos di Suriah

Menurut sumber-sumber Rusia melaporkan bahwa pada saat itu hanya 23 rudal jelajah Tomahawk yang mencapai sasaran, sementara 36 rudal lainnya ditangkis menjauh.

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here