Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Dankorps Marinir Kunjungi Pulau Terdepan

Militer.or.id – Dankorps Marinir Kunjungi Pulau Terdepan.

dok. Pasukan TNI AL di Pulau Ndana, 28/2/2018. (photo : Dispen Koarmatim)

Rote – Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono mengunjungi prajurit TNI termasuk di dalamnya prajurit Korps Marinir yang bertugas di salah satu pulau terdepan Indonesia, pulau Ndana, Selasa 20 Maret 2018, yang dirilis situs Marinir.

Pulau Ndana yang masuk wilayah kabupaten Rote, Nusa Tenggara Timur, adalah pulau paling selatan dari NKRI. Lokasinya berada di sebelah selatan pulau Rote dan berada di koordinat 10°58’56” LS dan 122°51’49” BT. Dengan menggunakan Helikopter, Dankormar tiba di pulau Ndana dan langsung disambut prajurit yang sedang bertugas menjaga pulau terluar yang tidak berpenghuni ini.

Dalam kunjungan ini Dankormar didampingi Danrem 161 Wirasakti / Kupang Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, Asops Dankormar Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto, Kadispen Kormar Letkol Marinir Ali Sumbogo, dan Koorsmin Kormar Letkol Mar Edy Prayitno.

Kunjungan Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono di salah satu pulau terdepan Indonesia ini dilakukan sebagai bagian dari rangkaian kunjungannya ke pulau-pulau terdepan yang dijaga dan diamankan prajurit Korps Marinir.

“Saya ingin melihat langsung kondisi prajurit yang sedang bertugas. Bagaimana kondisi medan penugasan mereka, kesiapan mereka, sekaligus memberi semangat kepada prajurit agar mereka dapat menjalankan tugas dengan baik dalam menjaga area perbatasan NKRI” kata Dankormar.

Dankormar juga mengingatkan kepada seluruh prajurit yang sedang bertugas bahwa mereka adalah duta dari Indonesia untuk menjaga kedaulatan wilayah NKRI. “Kalian adalah duta Indonesia untuk menjaga wilayah perbatasan NKRI. Oleh sebab itu laksanakan tugas dengan baik sesuai prosedur yang ada,” tambah Dankormar dalam arahannya kepada seluruh prajurit Satgas Pengamanan yang bertugas di pulau Ndana.

Setelah melihat dan mengecek kondisi langsung prajurit yang sedang bertugas termasuk sarana dan prasarana pendukungnya, Dankormar memberikan bantuan 3 unit Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) bantuan Kementerian ESDM untuk mendukung operasional Satgas Pulau Terluar di pulau Ndana ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *